January 14, 2021

Rahasia Menghasilkan Tambahan Income di 2021

Free Ebook

150+ Virtual Assistant Services

.
Share This Post:

Artikel ini mengandung link afiliasi, dislaimer on.

Halo semua,

Bagaimana kabarnya di tahun baru 2021 nih? Pengen gak menambah atau menghasilkan tambahan income di tahun baru ini?

happy new year 2021

Tahun 2020 telah lewat 2 minggu yang lalu, menyisakan berbagai kenangan berbeda di setiap masing-masing orang. Termasuk kamu dan saya pastinya.

Saya sendiri, tahun 2020 lalu adalah tahun yang sedikit pahit kalau boleh bilang begitu. Pahit pahit sepet macam jamu brotowali.

Job di Upwork tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2020 kemarin hanya mendapat 3 client baru dan tidak ada job dari client lama. Gagal pulang ke Semarang saat adik menikah. Padahal sudah jahit kain jadi kebaya.

Beli kursus online seharga motor dan jor-joran mencoba aplikasi dan software berbayar huhuhu…..

Sudahlah pendapatan kurang, tagihan kartu kredit menumpuk hadeuuhhh. Beruntung tidak sampai minus sih. Masih ada suami haha…senjata terakhir pas tongpes.

Tahun 2020 lalu saya lebih memilih fokus ke blog daripada ke Upwork.

Ada manfaatnya juga sih.

Selain bisa meningkatkan skill menulis, juga bisa berjejaring dengan banyak teman-teman blogger, mengikuti lomba blog, jadi narasumber webinar dan menerbitkan buku antologi. Buat 2 grup WA, satu grup WA tentang blogging dan yang lain tentang freelance.

Tahun 2020, saya ikut menulis 4 buku antologi. 1 buku antologi sudah terbit, 1 saya tarik naskahnya karena emosi haha, 2 masih proses terbit.

Hingga tahun 2021 awal ini saya juga sudah punya 4 blog loh dari target 10 blog. Selain blog ini, ada adiknya Prodigitalmom, Ulemanonline, dan Menuliskan.

Hah, kok banyak bener sih blognya? Iya emang, karena mau aku ternakin blognya haha…

Tahun 2020 juga jadi tahun yang menakutkan sekaligus sibuk karena harus kontrol ke rumah sakit setiap bulan. Gara-gara hipertiroid kambuh dan menggila. Kaki bengkak, jantung bengkak, empedu bengkak. Beruntung masih tertolong dan puji Tuhan masih bisa hidup sampai saat ini. Merasa bersyukur banget karena sempat berpikir kemungkinan saya bisa sewaktu-waktu gagal jantung dan mati.

Yah….begitu deh tahun 2020 ku, kalau kamu bagaimana?

Nah, hal yang tak kalah penting buat di bahas di tahun baru ini adalah bagaimana kita bisa membuat sumber-sumber penghasilan baru.

Buat kamu yang hanya mengandalkan 1 sumber pendapatan saja di 2020, terasa nyesek gak sih? Memang iya bisa hemat di biaya BBM dan transportasi karena work from home. Tapi, di hitung-hitung malah lebih boros loh karena biaya makan keluarga pasti membengkak, biaya jajan, biaya langganan internet, listrik, dll. Sudah berhitung belum?

Baiknya sih ya kalau kita punya beberapa sumber pendapatan yang berbeda. Supaya kalau yang satu mampet, masih ada keran lain lain yang bisa dibuka. Ya kan?

Mempunyai ekstra penghasilan dari beberapa sumber mempunyai banyak sekali manfaat diantaranya:

  • Bisa untuk di simpan atau di tabung. Pasti lah.
  • Bisa untuk membayar kartu kredit, cicilan kendaraan atau asuransi kesehatan. Gak harus mengambil dana dari sumber penghasilan utama semisal gaji.
  • Bisa untuk simpanan hari tua (pensiun). Bisa di investasikan dalam bentuk reksadana atau saham atau emas.
  • Dana darurat.
manfaat side job

Ekstra penghasilan ini bisa diperoleh dari side job atau side hustle atau kerja sampingan (istilah lamanya :))

Mungkin ada yang bertanya dalam hati nih, “Bagaimana bisa kak, aku mencari dan mengerjakan side job? Aku kan gak punya pengalaman sama sekali huhuhu.” Nangis deh…

Iyess… memang enggak mudah kalau kamu sama sekali tidak mempunyai pengalaman sebelumnya. Atau mungkin kamu masih fresh graduate. Atau mungkin malah masih kuliah tapi pengen punya penghasilan sendiri.

Tapi nih, kalau untuk entry level job, masa iya sih kamu gak bisa kerjain? Work from home lagi.

Tapi perlu diingat ya, hanya karena pekerjaan atau jobnya tidak membutuhkan pengalaman selevel expert, bukan berarti pekerjaannya akan gampil alias mudah banget. Tidak seperti itu Marimar.

Mungkin kamu harus ikhlas untuk menambah skill atau harus membeli kursus baru untuk menunjang pekerjaan sampingan atau side job yang kamu ambil.

Perlu diingat juga, entry level berarti kamu harus mengerjakan side job ini dari level yang paling bawah. Itu berarti kamu butuh waktu untuk membuktikan kemampuanmu. Gak bisa instant untuk dapat duit banyak.

Apa yang akan kamu baca dan temukan selanjutnya tentang side job ini, tidak memerlukan kepandaian tingkat sarjana es teler atau pengalaman bekerja tahunan level expert.

Ada banyak sekali ide-ide yang ada di list ini yang membuktikan bahwa memulai kerja freelance itu bisa dengan menggunakan kemampuan dan keahlian yang sudah kita punya. Aku selalu bilang seperti ini di artikel maupun di FB atau saat menjawab komen. Soalnya contohnya ada, aku sendiri.

Misalnya nih, kamu orang yang sangat teliti dalam hal melihat tanda baca dan kata per kata. Bisa jadi, kamu berpeluang besar untuk menjadi seorang editor atau proofreader.

Yang paling penting adalah, side job ini adalah 100% bisa dilakukan dari rumah tanpa harus ngantor.

Tidak perlu khawatir kalau kamu belum punya keahlian tingkat expert untuk bisa melakukan side job di tahun 2021. Kamu bisa kerjain, mau dapat duit, lakukan. Just as simple as that.

Nah langsung simak yuk, 15 + cara menambah penghasilan di 2021

Cara menambah penghasilan di tahun 2021

Membuat blog

Why? Mengapa harus blog?

Iyess karena blog sangat bisa menjadi sumber penghasilan. Ada contohnya kak? Ada banyak…..banget.

Neil Patel dan Brian Dean menjual kursus training SEO nya melalui blog. Intip deh blognya kalau mau tahu harga kursusnya.

Saya aja habis beli kursus seharga motor sama orang bule. Bukan di 2 orang ini sih, lain orang.

Blogger juga bisa menerima sponsor review brand atau produk dan mendapatkan kompensasi.

Mengikuti event lomba blog juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan.

Biasanya, hadiah uang tunainya lumayan banget nih. Ini contohnya, saya dapat 2 juta rupiah dari lomba blog Exabytes tahun lalu.

Saya juga bisa berkenalan dengan orang-orang keren yang menemukan dan membaca blog saya. Bisa membuka peluang kerja sama juga.

Tahun ini saya bekerja sama dengan rekan bisnis sesama freelancer juga dan membentuk satu tim agensi. Tujuannya apa? Yah supaya bisa mengingkatkan penghasilan lah. Tujuan bisnis kan supaya dapat profit.

Melalui blog, kamu juga bisa mem-branding diri dan kemampuan. Sehingga bisa menjual skill kamu melalui kursus online, kursus privat, dll.

Seperti baru-baru ini saya membuat WAG Premium Dare To Blog untuk belajar blogging selama 356 hari dengan investasi bulanan 99K per bulan. Yang mau belajar ngeblog boleh gabung ya mumpung early bird nih investasinya 🙂

dare to blog premium
dare to blog premium

Dari blog pula, kita bisa berkesempatan mendapatkan berbagai job sponsor, yang tentunya dibayar.

Saya dibayar $100 untuk artikel ini: Cara Mengatasi Burned Out ala Mama Freelance.

Mayan banget kan? Nulis artikel dibayarnya pakai dolar hehe…

Mau coba daftar? Klik link ini: Daftar Intellinfluence.

Berjualan produk digital via market digital

Buat yang pinter desain grafis atau pinter create template di Canva, manfaatkan keahlianmu untuk mendatangkan pendapatan tambahan.

Coba cek Etsy, Creative Market, Design Bundles dan situs-situs serupa. Ada banyak cuan menanti di sana.

Ini video tentang bagaimana menjual template Canva bisa menghasilkan ratusan juta rupiah.

Tutor = mengajar Bahasa Inggris online

Kesempatan nih. Banyak orang yang ingin masuk menjadi freelancer di Upwork tapi masih minim kemampuan bahasa inggrisnya.

Peluang untuk kamu yang menguasai bahasa inggris terutama grammar dan speaking.

Tawarkan di FB grup atau langsung ke orang yang bersangkutan.

Tutoring sesuai keahlian

Ini seperti yang saya ceritakan di atas. Saya tahu tentang blogging, ya saya membuka tutoring tentang blogging.

Bentar lagi mau buka tutoring kelas online tentang Virtual Assistant hehe….tunggu tanggal mainnya.

Kalau kamu jago buat roti, bisa banget memberi tutoring online tentang resep roti A misalnya. Buka kelas khusus online via WAG atau Telegram.

Menjadi virtual assistant

Ini kerjaan saya di Upwork nih. Virtual assistant dan link building specialist.

Virtual assistant ini lingkup kerjanya luas banget. Kamu bisa pilih job sesuai skill kamu sekarang.

Generalist VA, social media VA, system VA, dll.

Lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel ini: Freelance VA, Langkah baru Untuk Sukses Lewat Internet

Mau tau apa saja service virtual assistant yang bisa dijual?

Cek online course tentang How to Become a Professional VA di bawah ini.

Kursus online How to Become a Pro VA

Survey berbayar

Biasanya sih survey dari luar negeri ya. Seperti Swagbucks, Survey Junkie, ProOpinion, dll. Cari aja di Google dengan kata kunci paid survey.

Tulis buku atau eBook

Bisa menulis artikel? Bisa banget memanfaatkan keahlian menulis yang dipadukan dengan skill apa yang kamu punya menjadi sebuah buku fisik atau ebook.

Cek beberapa eBook saya di laman SHOP.

Saya juga jualan ebook di blog. Selain di blog juga di Google Play Store. Lumayan banget kalau topiknya bermanfaat dan di sukai banyak orang.

Untuk menerbitkan buku fisik, sepengalaman saya, kamu bisa menerbitkan melalui penerbit indie. Modal terjangkau dan dipastikan bukumu bisa terbit sesuai rencana.

Berjualan printables online

Bullet journal dan printables planner sangat diminati oleh ibu-ibu dan kaum hawa pada umumnya. Saya suka beli juga sih.

Gimana sih contoh printables kak?

Ini nih contohnya: Blog Planner

Peluang loh ini.

Printables bisa dibuat menggunakan Power Point, Canva ataupun Photoshop.

Semampunya memakai aplikasi apa, sudah bisa jadi dan menghasilkan duit.

Akunting online

Saya pernah mengikuti webinar online tentang kerja freelance. Kebetulan nara sumbernya juga freelancer di Upwork dengan skill akunting.

Setelah dia mapan di Upwork, dia membuat website khusus untuk service jasa akunting online bareng suaminya.

kata beliau, client-nya ramai juga, ada yang dari Upwork dan ada yang datang sendiri via Linkedin.

Siapa tahu kamu yang jago akunting mau coba.

Menulis di platform online

Sekarang, platform online macam Wattpad semakin ramai penggemar. Mungkin karena banyak yang butuh hiburan dengan membaca novel online.

Saya juga penggemar webtoon, asyik aja membaca webtoon sebelum tidur. Jalan ceritanya juga unik-unik dan keren, gak kayak sinetron Indonesia yang belibet ga tau kapan selesai.

Kalau kamu pintar menulis dan berimajinasi, bisa banget menghasilkan uang dari platform online semacam ini.

Penulis konten

Banyak teman-teman blogger yang juga berprofesi sebagai penulis konten. Utamanya konten artikel untuk blog.

Biasanya, harga per konten menyesuaikan dengan jumlah kata per artikel. Misal per artikel 750 kata dihargai IDR 50K. Untuk harga borongan 10 artikel, kamu bisa mendapat IDR 500K, lumayan kan?

Transcriber

Transcriber bertugas untuk menyalin rekaman suara atau file audio menjad teks.

Proofreader

Terjemahan bebas dari proofreader adalah korektor. Orang yang bertugas untuk mengkoreksi entah tulisan artikel atau naskah.

Untuk artikel atau naskah berbahasa Indonesia, kamu harus selalu siap dengan kamus besar bahasa Indonesia dan PUEBI.

Podcast assistant

Yang sedang marak, selain youtube adalah podcast.

Sudah banyak orang yang menjajal dunia podcasting. Ada yang berhasil dan ada yang belum.

Di luar negeri sono, banyak sekali blogger yang sekaligus menjadi podcaster di blognya sendiri.

Memang ada yang mengkhususkan kategori atau tema tertentu untuk dijadikan podcast. Ada juga yang mengalih fungsikan konten artikel menjadi podcast.

Mungkin di sini belum banyak banget peluangnya tapi tidak ada salahnya mulai mempelajari dan menekuni dunia podcasting ini.

Apalagi kalau kamu bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik, lebih banyak lagi peluang yang bisa kamu dapatkan.

Voice over

Pengisi suara.

Boomingnya youtube memuka peluang untuk para voice over atau pengisi suara. Kamu mempunyai suara bariton yang sekseh? Atau vokal suara yang manis?

Buat sample dan kamu bisa mulai mencari client.

Affiliate marketing

Menjadi affiliate atau afiliasi pada dasarnya adalah kita menjual produk milik orang/perusahaan, bukan milik kita sendiri.

Dari penjualan tersebut, kita akan mendapatkan komisi. Besaran komisi pastinya berbeda-beda di setiap brand atau produk affiliate.

Beberapa affiliate produk yang saya ikuti dan jual diantaranya:

CANVA affiliate

Saya akan mendapat komisi sebesar 15% apabila ada yang berlangganan Canva Pro tahunan menggunakan link affiliate/referal saya.

Klik link image/banner ini untuk mencoba Canva Pro free trial atau langsung berlangganan Canva Pro.

Hosting

Untuk semua blog saya, saya menggunakan hosting dari Hawkhost.

Mengapa tidak pakai loka saja kak? Saya sudah mencoba hosting lokal dari 4 perusahaan hosting yang berbeda.

Tidak bermaksud menjelekkan, hanya saja saya lebih mantap menyewa hosting di Hawkhost karena customer servicenya yang cepat dan harganya juga terjangkau.

WP Astra

Blog saya ini dan yang lainnya juga menggunakan theme dari WP Astra. Suka theme ini karena cakep dan pilihan demo websitenya juga banyak.

Customer service juga cepat tanggap via email.

Kalau mau coba theme WP Astra, klik link banner dibawah ini.

BrainstormForce-Store

Elementor

Buat kamu yang sudah cinta mati sama page builder satu ini, bisa beli atau berlangganan Elementor Pro melalui link afiliasi saya.

Kesimpulan

Seringkali, keadaan tidak berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Tapi kalau kita sudah bersiap dengan segala sesuatunya, pasti beda cara kita melihat dan menanggapi sesuatu.

Tahu tidak kalau krisis itu ada perputaran masanya? Setiap 10 tahun sekali dunia akan mengalami krisis. Kok tahu? Karena krisis selalu berulang.

Toh, nyatanya kita berhasil melewati krisis kecil maupun krisis yang mendunia macam Covid-19.

So, keep fighting dan tetap berharap kebaikan akan selalu datang.

Read & Learn More

More From The Blog

Inspirational content to help you shift your life into the path of success

Book Your Free Session Now

Fill in the form below to book a 30 min no-obligation consulting session.

I will reply within 24 hours.