May 20, 2022

Mudahnya Memulai Bisnis Online Bersama Rumahweb

Free Ebook

150+ Virtual Assistant Services

.
Share This Post:

Mulai Startup dengan Produk dari Hosting – VPS Rumahweb

Saat memulai menekuni dunia blog tahun 2014 lalu, satu satu cara yang saya ketahui saat itu untuk bisa menghasilkan uang dari blog adalah melalui sponsor post dan content placement. Padahal, setelah dipelajari, ternyata ada banyak cara kita bisa menghasilkan cuan dan income dari blog.

Butuh waktu yang tidak sebentar buat saya untuk mempelajari tentang apa itu hosting, unlimited hosting, apa itu domain. Bagaimana cara membeli template blog, mengganti template sampai customized blog sesuai keinginan dan sesuai tujuan. Dari ngeblog menggunakan platform Blogspot hingga akhirnya memutuskan migrasi ke WordPress, karena saya memang ingin suatu saat nanti bisa berjualan produk sendiri. Dari berbagai sumber kemudian saat itu saya ketahui, akan lebih mudah menjual produk sendiri melalui website jika menggunakan platform WordPress.

Salah satu strategi yang bisa dipakai untuk menghasilkan income dari blog adalah menjual produk sendiri melalui website atau blog. Memang ada banyak cara lainnya seperti menjadi affiliate marketer, menerima sponsor post, menayangkan iklan dan lainnya. Tapi akan lebih mudah dan lebih fleksibel bagi kita untuk menentukan harga dan berapa profit yang kita inginkan apabila kita mempunyai produk sendiri. Dalam hal ini menjual produk digital.

produk digital

Produk digital

Mengapa harus produk digital? Alasan yang paling utama adalah kita bisa membuat sendiri produk-produk digital untuk kita tawarkan kepada audiens, pengunjung blog, pembaca blog, dan subscriber. Hampir tidak ada biaya produksi, tidak perlu waktu yang lama untuk membuat produk digital, tidak perlu ada proses testing. Tidak perlu gudang untuk penyimpanan stok, dan tidak ada biaya pengiriman yang harus kita khawatirkan.

Produk digital sesederhana orang membeli produk dan langsung bisa mengunduh produk tersebut. Just as simple as that. Satu lagi nilai plus produk digital adalah kita hanya perlu membuatnya satu kali tapi bisa menjual berkali-kali. Menarik banget ya.

Tipe dan macam produk digital

Untuk teman-teman ketahui, ada banyak tipe dan jenis produk produk digital. Beberapa yang paling populer diantaranya adalah:

  • Freebie (produk gratis) yang bisa di unduh, misal seperti planner, template, workbook, dll.
  • Ebook
  • Workshop atau webinar
  • Kursus online atau ecourse
  • Membership
  • Online coaching
.

Mengapa harus menjual produk digital?

Seperti yang kita tahu, saat ini jaman sudah beralih ke digital dan produk digital. Dengan pangsa pasar dan audiens yang sudah terbiasa dengan digitalisasi, menjual produk digital adalah satu hal yang harus dilakukan.

Tidak seperti produk fisik, produk digital tidak memerlukan banyak biaya dan proses produksi. Bahkan hampir nol biaya. Sehingga profit yang kita dapat juga akan semakin besar.

Produk digital juga bisa menjadi salah satu sumber pasif income buat para blogger dan digital kreator. Saya pernah menulisnya di artikel ini, Freelance dan Pasif Income.

Tahukah teman teman bahwa salah satu cara yang paling profitable dalam hal memonetize website adalah menjual produk digital? Audiens ingin belajar, ingin memecahkan masalah dan produk digital kita adalah jawabannya.

Saya sudah setting blog ini dengan Woocommerce untuk menjual produk digital. Di bawah ini adalah beberapa produk digital yang saya tawarkan di laman Shop.

blog planner canva
More details
canva quote template
More details

Pengalaman membuat webinar dan wokshop

Selain produk digital di atas, sejak tahun lalu saya juga membuat webinar dan workshop. Melihat dari banyaknya komentar yang masuk di artikel blog, banyak dari pengunjung blog yang ingin mencoba menjadi freelancer. Akhirnya saya memberanikan diri membuat webinar sesuai dengan niche blog saya ini yaitu tentang freelancer.

Karena skills dan keahlian saya di bidang virtual assistant dan link building, maka webinar dan workshop yang saya tawarkan juga seputaran skills tersebut.

Di bawah ini adalah event workshop terbaru bulan Mei dan Juni 2022. Tertarik ikutan? Klik link image yaa..

Online Course dan Hosting – VPS Rumahweb

sales funnel

Setelah menjajal menjual beberapa produk digital seperti template dan webinar serta workshop, saat ini saya sedang fokus mengerjakan kursus online atau online course.

Memang membutuhkan waktu dan effort yang lebih besar, tapi saya melihat peluang kursus online di tahun ini dan tahun tahun mendatang akan semakin bagus.

Coba lihat Udemy, Skillshare, Lynda, Ruang Guru dan kursus online sejenis. Begitu mudah untuk mempelajari skills dan keahlian baru melalui kursus online.

Nah, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat kursus online?

Tools

Saya sudah pernah mencoba beberapa plugin LMS (learning management system) seperti Lifter LMS, Tutor LMS, tapi pilihan akhir jatuh ke LearnDash. Mengapa pilih LearnDash? Karena banyak review yang bagus, juga ada garansi refund 14 hari. Jadi berasa aman kalau misal ada yang kurang cocok.

Pernah juga ingin mencoba menggunakan Podia, tapi karena Podia ini sistem pembayrannya per bulan, jatuhnya lebih mahal daripada LearnDash. Juga, untuk integrasi payment gateway dan pembayaran rupiah, LearnDash bisa di integrasikan dengan Woocommerce.

Modal

Modal yang harus dikeluarkan untuk membuat kursus online ini rinciannya kurang lebih sebagai berikut:

  • LearnDash IDR 3.000.000 per tahun
  • GeneratePress premium IDR 850.000 per tahun
  • Domain IDR 250.000 per tahun
  • Hosting IDR 3.600.000 per tahun

Mungkin ada yang bertanya kok hostingnya seharga itu ya? Iyaa karena sekarang ini saya tidak menggunakan shared hosting tapi VPS. Memang ada ya bedanya? Ada dong…

Bagaimana cara memilih hosting yang paling tepat untuk blog? Simak video penjelasan di bawah ini dari Ketua RW Rumah Web 🙂

Cara mudah untuk menentukan apakah teman teman butuh shared hosting atau VPS atau cloud adalah shared hosting cocok digunakan untuk website sederhana seperti website company profile, website portfolio, dan blog.

Sementara VPS atau Cloud bisa dipakai untuk website yang membutuhkan resource dan space besar seperti website e-learning atau online course, website portal berita, dan website e commerce yang sudah ramai pengunjung.

Nah, karena memang tujuan saya adalah membuat online course atau kursus online dan memang nantinya membutuhkan space yang besar dan lega supaya website tetap bisa diakses dengan cepat, itulah mengapa saya memutuskan untuk menggunakan layanan VPS atau Cloud hosting.

Mengapa memilih VPS hosting Rumahweb

Ada beberapa fitur dan keuntungan saat kita menggunakan VPS hosting Rumahweb yaitu:

  • Rumahweb membantu mengelola VPS/Cloud Server mulai dari instalasi OS, software, control panel, analisa, dan troubleshooting. Jadi kalau ada timbul masalah kita masih bisa minta bantuan customer service.
  • Menggunakan platform Virtuozzo yang menjadi standard industri hosting yang berjalan di atas Virtuozzo Storage yang handal dengan fail-over otomatis.
  • Support 24×7

Di bawah ini paket pilihan VPS/Cloud yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan teman teman.

pilihan paket VPS/Cloud Rumahweb

Buat teman teman yang ingin tahu lebih tentang apa itu platform Virtuozzo, cek video di bawah ini.

Nah, itu dia pengalaman saya menjual produk-produk digital melalui website, doakan ya semoga kursus online yang saya buat ini nantinya ramai pembeli 🙂

Menang kompetisi lomba blog rumahweb
Read & Learn More

More From The Blog

Inspirational content to help you shift your life into the path of success

Book Your Free Session Now

Fill in the form below to book a 30 min no-obligation consulting session.

I will reply within 24 hours.