Projects.co.id merupakan marketplace favorit saya saat hunting remote job. Marketplace lokal tentunya ya…

Di Projects, saya sudah pernah menjadi owner dan worker. Sebagai seller ? Belum pernah soalnya belum ada produk digital yang bisa saya jual hehe.

Ada banyak sekali job online yang bisa kamu bid di Projecs.co.id tapi pastikan kamu sudah registrasi terlebih dulu ya.

Kali ini saya mau berbagi pengalaman saat mengembara di Projects.co.id , semoga bermanfaat ya ๐Ÿ™‚

3 Hal Yang Bisa Kamu Kerjakan di Projects.co.id

1. Sebagai Worker

Banyak sekali project yang bisa kamu pilih sesuai dengan keahlianmu. Kamu juga bisa banget nge-bid project-project sesuai dengan budget yang kamu inginkan.

Kalau kamu menang bid maka kamu akan terpilih sebagai worker. Sebagai worker, kamu harus mengerjakan tugas/job yang sudah kamu menangkan dengan baik dan benar.

Baca sekali lagi berapa lama tenggat waktu yang kamu punya sebelum deadline. Kalau perlu, komunikasi langsung dengan owner job via projects. Jangan sampai kena arbitrase ya ..

Tidak seperti di marketplace job lain, di Projects.co.id, bila pendapatanmu sama dengan atau lebih kecil dari 100 ribu rupiah, maka tidak akan terkena potongan komisi. Jadi full amount semua buat kamu tanpa potongan biaya sama sekali.

Salah satu job review yang saya dapatkan dari Projects adalah : 3 Destinasi Wisata Lokal Tanpa Mahal..

Proses withdraw atau penarikan saldo juga mudah banget dan cepet (saya pakai rekening BCA).

Jadi ada beberapa pilihan penarikan uang yaitu secara otomatis mingguan, dua mingguan, bulanan dan secara manual. Ada minimal jumlah yang bisa di tarik oleh worker yaitu sejumlah minimal 10 ribu rupiah. Kalau kamu pilih penarikan uang secara otomatis, maka kamu tidak perlu menarik uang secara manual, tunggu aja dengan anteng nanti uangnya di transfer dari Projects secara otomatis.

Lain lagi kalau kamu mau penarikan uangnya secara manual. Pengalaman, setelah selesai mengerjakan job review dan owner sudah approve, maka saya coba untuk menarik uang yang sudah tersedia di akun Projects saya menggunakan penarikan manual, ada form yang harus di isi dan juga konfirmasi via HP.

Gak ada 1 jam, uang yang saya tarik sudah masuk ke rekening BCA. Tanpa potongan. Sip banget deh Projects.co.id

Ohya, di Projects, kita akan selalu mendapat pemberitahuan/notifikasi via email atau SMS apabila ada projects baru yang sesuai keahlian kita, apabila ada yang invite kita via private projects, kita menang bid, approve job dll.

Baca juga : Hati-hati Scam di Freelancer.com

2. Sebagai Owner

Saya sudah 2 kali membuka job di Projects. Job yang pertama yang saya buka adalah memperbaiki/reparasi/mbenerin/mbetulin script template blog ini. Iya blog ini yang sedang kamu baca. Ceritanya, saya beli template premium di Arlina Design. Saya suka tampilan template-nya yang sederhana dan simpel. Tidak terlalu girly juga karena saya lebih suka template yang simple dan clean.

Salah saya waktu itu, saya gak baca dulu review-review tentang penjual ini. Asal beli aja dan bayar. Padahal ternyata reviewnya juga sama dengan yang saya alami, penjualnya susah di hubungi halahhhh…Susah banget, percaya deh.

Masalah baru terjadi saat saya yang buta script dan kudet ini gak bisa ngapa-ngapain untuk ganti script tampilan sosmed yang ngelink ke url sosmed saya, ganti tampilan popular post dan masih banyak lagi. Padahal inginnya setelah beli langsung bisa tayang gitu. Blogger baru mah hehe…

Keesokan harinya saya email si penjual template. Gak ada reply. Sampai ada 5 kali saya reminder email sama sekali gak ada reply. Saya juga komen di website si penjual ini dan gak ada reply juga. Putus asa rasanya tapi pantang menyerah mode on dong.

Nanggung kan template ini kalau tidak bisa di pakai padahal sudah terlanjur di beli.

Makanya saya cari worker di Projects yang bisa mbenerin script template. Dan jadilah seperti keinginan saya.

Oiya, setelah beberapa minggu kemudian, si penjual template baru reply email saya dan minta di invite sebagai admin supaya bisa bantu support. OK, sudah saya invite, saya tunggu sehari dua hari gak ada perubahan apa-apa di blog saya. Berarti omong doang itu orang.

Tahu gak setelah blog ini jadi dan 2 bulan tayang, si penjual baru membalas komen saya di web dia. Tentang saya butuh support template dan dia jawab “Sudah ya” itu komennya.

Jawaban saya : iya sudah soalnya saya bayar orang buat benerin blog ini, kalau nunggu sampeyan bisa 2 bulan blog saya nganggur. Itu jawaban saya, pedes mungkin tapi ya gitulah haha..Puas….

Beda banget dengan saat saya beli template di Etsy.com

Mereka menjual produk gak asal terima uang terus ngilang. Setelah beli template, kalau saya kesulitan pasang ini itu, saya pasti kontak penjualnya. Gak sampai hitungan hari, sudah ada reply. Padahal beda benua.

Beda banget ya, lokal vs import hahaha….

Job ke-2 yang saya buka juga masih seputar mbenerin blog.ย 

Meskipun menggunakan template dan plugin WP (wordpress) lebih mudah daripada blogspot dan kemungkinan kesalahan script tidak ada, tapi ada hal-hal tertentu yang saya tidak bisa benerin. Saya inginnya tampilan ala woocommerce tapi ada blog nya juga. Soalnya kan jualan mebel. Sekarang sih sudah wasallam blog-nya.

Yaudah, buka job lagi di Projects.co.id

Sebagai owner, setelah memasang job dan menerima bid dari worker, kita harus segera men-transfer pembayaran yang sudah kita sepakati. Kita transfernya ke Projects loh, bukan ke worker. Jadi,ย  sebagai owner, seumpama kita gak puas dengan hasil pekerjaan worker, kita bisa mengajukan arbitrase. Dengan adanya arbitrase, kemungkinan dana kita akan kembali full atau sebagian atau sebesar prosentase sesuai dengan keputusan arbitrase.

Aman deh jadinya, gak ada namanya tipu-tipuan karena ada pihak ke-3 di antara kita. ย Selama ini belum pernah mengajukan atau menerima arbitrase (semoga jangan) jadi gak bisa sharing ๐Ÿ™‚

Baca juga : Tips Memilih Platform Blog

3. Sebagai seller

Di Projects kita bisa menjual berbagai produk digital atau jasa. Ada yang menjual template kartu nama, template kalender, jasa web scrapping dll.

Belum bisa cerita banyak karena belum ada pengalaman sebagai seller.

Nah itu dia pengalaman saya di Projects. Tertarik untuk mendapatkan job online juga ? Yuk ah langsung daftar aja, gratis kok ๐Ÿ™‚

Kamu bisa daftar atau registrasi via link ini : Projects.co.id

Semoga dapat job banyak ya…..

Note : artikel ini mengandung link afiliasi. Saya akan mendapatkan fee/komisi apabila kamu mendaftar menggunakan link afiliasi saya. Kamu juga bisa loh me-referensikan link afiliasimu kepada sebanyak-banyaknya teman kamu ๐Ÿ™‚

2 Comments

  1. Uwaah baru tauu mbak ttg projects.co.id barusan langsung register. Hehehe makasih banyak sharingnyaa ?

    1. indriariadna says:

      Halo Lucky, sama-sama, sukses ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *