Seiring dengan perkembangan teknologi, menjadi virtual assistant kini lebih dari sekadar menawarkan skills dan keahlian. Memiliki presensi online yang solid melalui website dapat membuka pintu menuju lebih banyak peluang bisnis. Dalam dunia digital yang semakin terkoneksi, klien potensial mencari profesionalisme, keterampilan, dan kenyamanan, dan website adalah kunci untuk menyediakan semua itu.

Di tengah banyaknya platform pembuatan website, WordPress telah membuktikan diri sebagai pilihan utama. Kemudahan penggunaan, fleksibilitas, dan berbagai fitur yang dapat disesuaikan menjadikan WordPress favorit bagi banyak orang.

Artikel ini akan memandu proses langkah demi langkah menggunakan WordPress untuk membuat website virtual assistant yang menarik dan fungsional.

Apa yang Akan Dipelajari

Dalam tutorial ini, kita akan mengeksplorasi berbagai aspek, termasuk:

  1. Langkah Awal: Persiapan dan perencanaan sebelum memulai pembangunan website.
  2. Desain yang Menarik: Bagaimana membuat tata letak dan desain yang mencerminkan profesionalisme?
  3. Fungsionalitas Esensial: Menambahkan fitur dan fungsi yang diperlukan oleh seorang virtual assistant.
  4. Optimasi SEO: Memastikan website dapat ditemukan oleh calon klien melalui mesin pencari.
Photo Of Person Using Laptop For Graphic Designs

Persiapan dan Perencanaan Sebelum Membangun Website

Persiapan dan perencanaan sebelum memulai membangun website sangat penting untuk memastikan bahwa website dibangun dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan sebagai seorang virtual assistant.

contoh brand kit mood board

Ini adalah salah satu contoh brand kit, sumber dari Canva, untuk menentukan desain visual dan branding website yang akan kita bangun.

Desain Website yang Menarik

Apa yang kamu rasakan saat berkunjung ke website saya ini? Bold? Ramah? Atau berani banget karena pakai warna-warna jreng? 😆

Sekian lama menggunakan palet warna earth tone seperti cokelat tua, cokelat muda, abu dan hitam kok berasa adem tapi semakin kesini semakin membosankan. Jadilah saya menggunakan warna-warna berani seperti hijau, biru, dan pink.

Membuat tata letak dan desain website yang mencerminkan profesionalisme virtual assistant melibatkan kombinasi elemen visual, navigasi yang efisien, dan penyampaian informasi dengan jelas.

Sebelum membangun website, ada baiknya lamu membuat wireframe terlebih dahulu. Dibawah ini adalah wireframe aplikasi (mobile) yang dibuat anak saya menggunakan Figma sebagai contoh. Profile Linkedin anak saya bisa dilihat disini: Mikhael Christian.

wireframe aplikasi by mikhael christian

Bagaimana membuat tata letak dan desain yang mencerminkan profesionalisme?

Meskipun tidak ada rules atau aturan yang baku tentang tata letak dan desain website, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal dibawah ini supaya desain dan tata letak website tampak profesional.

Add an overline text

Tips membuat tata letak dan desain Website yang mencerminkan profesionalisme

Dua contoh website dengan desain dan tata letak yang unik adalah Phyll dan Papertiger. Silakan kunjungi dua website ini untuk mendapatkan inspirasi.

Fungsionalitas Esensial: Menambahkan fitur dan fungsi yang diperlukan oleh seorang virtual assistant

Website kita bangun dengan tujuan tertentu. Standar suatu website biasanya terdiri dari 5 laman atau page yaitu homepage, about, blog, service, dan contact.

Virtual assistant website berfungsi untuk menarik calon klien potensial agar terjadi interaksi di website. Itu sebabnya kita bisa menambahkan laman portfolio, form booking calendar, testimonial dan lainnya yang bisa menambah kredibilitas kita di mata calon klien.

Kita bisa menggunakan block default editor atau menggunakan plugin. Misalnya Calendly dan Google Calendar untuk form booking, dan Strong Testimonials plugin untuk mengupload testimonials.

Optimasi SEO (search engine optimization)

Meski SEO terkesan agak teknikal, penting bagi virtual assistant untuk mulai mempelajari dan menggunakan SEO di website.

Berikut adalah beberapa elemen SEO on-page yang penting

SEO On-Page adalah serangkaian strategi dan praktik yang dilakukan di dalam halaman atau elemen tertentu suatu website untuk meningkatkan peringkatnya di mesin pencari dan meningkatkan visibilitas. Fokus utama dari SEO on-page adalah untuk mengoptimalkan konten dan struktur halaman website agar relevan dengan kata kunci tertentu dan memenuhi kriteria mesin pencari.

Konten Berkualitas

Menyediakan konten yang relevan, informatif, dan bermanfaat untuk pengguna.
Menjaga keberagaman konten dengan memasukkan teks, gambar, video, dan elemen multimedia lainnya.

Kata Kunci

Penelitian kata kunci untuk mengidentifikasi istilah pencarian yang relevan.
Menempatkan kata kunci tersebut secara strategis di dalam judul, paragraf, dan elemen konten lainnya.

Optimasi Gambar

Memberikan deskripsi alt tag yang menggambarkan gambar secara jelas.
Mengompres ukuran gambar untuk mempercepat waktu muat halaman.

Struktur URL

Membuat struktur URL yang bersih dan mengandung kata kunci.
Menghindari penggunaan karakter khusus atau parameter yang tidak perlu.

Meta Deskripsi

Menulis meta deskripsi yang menarik dan menjelaskan isi halaman.
Mengoptimalkan meta deskripsi dengan memasukkan kata kunci relevan.

Page Speed

Mengoptimalkan waktu muat halaman dengan meminimalkan ukuran gambar dan menggunakan teknik caching.
Memastikan website dapat dimuat dengan cepat untuk pengalaman pengguna yang optimal.

OPTIMASI SEO

SEO Off-Page

SEO Off-Page adalah serangkaian strategi dan kegiatan yang dilakukan di luar website untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari dan meningkatkan otoritas domain.

Kesimpulan

Kita telah menjelajahi langkah-langkah pembuatan website Virtual Assistant menggunakan WordPress. Dengan memahami tata letak, desain, dan fungsionalitas yang mencerminkan profesionalisme, serta melibatkan pengguna dengan konten yang relevan, kita dapat menciptakan website yang efektif.

Namun, pembelajaran tidak berhenti di sini. Untuk meraih pemahaman yang lebih mendalam dan mendapatkan panduan langkah demi langkah, saya mengundang untuk bergabung dalam online course eksklusif kami, “Membangun Website Virtual Assistant dengan WordPress.” Melalui online course ini, saya akan mengajak mempraktikkan konsep-konsep yang telah kita bahas dan mendapatkan akses ke sumber daya tambahan yang dapat meningkatkan keterampilanmu.

Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan keahlian kamu di dunia Virtual Assistant dan membangun kehadiran online yang sukses. Segera daftar online course ini. Klik image untuk mendaftar sekarang!

Membangun website virtual assistant dengan WordPress

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *