Melewati 2023 dengan …

Ini adalah artikel curhat, bukan artikel tips tentang freelancing ataupun tutorial. Jadi yang ga suka baca curhat, boleh skip 😊

Saya hanya ingin mengabadikan apa yang saya alami di tahun 2023 lalu. Nano nano banget rasanya, ada kecut asem, pedes, asin, manis, lengkap deh.

Kalau teman-teman membaca artikel ini Dapat Klien Enterprise di Upwork, saya berharap minimal kontraknya akan berjalan minimal satu tahun, ehhh ternyata hanya 6 bulan.

Sebagai freelancer, saya sadar bahwa income dan pendapatan saya tidak stabil. Biasanya ada lebih dari satu klien yang saya handle, hanya saja sewaktu menghandle klien enterprise ini, saya tidak mencari project yang lain lagi. Saya terlalu lengah 🥹

Person in Blue Denim Jeans Using Macbook

Di awal tahun 2023 masih ada lah simpanan yang bisa untuk hidup tapi semakin bulan berjalan, saya tidak mendapatkan project satu pun. Sementara, anabul harus makan setiap hari. Wah, stress banget dan kalang kabut saat melihat stok kepala ayam dan snack kering kucing semakin menipis. Belum lagi tagihan kartu kredit, tagihan wifi, biaya hidup anak, hosting, dan domain.

Saran saya buat teman-teman semua, jika ada rejeki lebih, lunasi dan bayar dulu semua hutang-hutang jangka pendek, contohnya kartu kredit. Saya saat itu menyesal, ada rejeki tapi tagihan kartu kredit tidak ditutup.

Kalau melihat saya di tahun 2023 atau flashback sebentar, saat itu rasanya sumpek dan berasa jadi orang susah sedunia 🤣 Gimana enggak, gak ada income alias penghasilan tapi pengeluaran konsisten jalan terus.

Terbiasa memegang duit, lalu yang dipegang tidak ada, wahh rasanya kayak naik rollercoaster. Yakin!

Memangnya gak apply job lagi di Upwork? Tentu saja apply, tapi tidak tahu kenapa, sama sekali gak ada yang nyantol.

Kan ada suami? Iya bener, suami juga berusaha menutup semua pengeluaran tapi ada beberapa lobang yang lolos.

Tiga bulan pertama di 2023 rasanya gelap. Beruntung saya tidak putus asa dan masih ada sedikit iman sehingga tidak melarikan diri menjadi TKW atau ani-ani 😄

Memang, kalau keadaan kita sulit, yang harus kita lakukan adalah berdiam diri, scan dan pindai semua potensi yang sekiranya bisa menghasilkan. Tidak usah menyalahkan keadaan atau orang lain. Toh, semuanya tetap harus kita hadapi.

Saya berusaha menenangkan hati, supaya enggak kemrungsung, supaya bisa pasrah dan bisa melihat dalam gelap.

Lalu teringat, saya bisa menulis. Selain sponsor post, saya bisa mengikuti lomba blog meski enggak tahu menang atau tidak. Setidaknya, ada kesempatan untuk menang. Bersyukur, dari sana mulai ada titik terang.

Kemudian saya scroll Instagram untuk mencari informasi lomba-lomba yang sedang berjalan. Hampir semua lomba blog yang saya ikuti, saya menggunakan blog saya di prodigitalmom.com

Di bulan April 2023 saya memulai menulis artikel untuk lomba blog. Asuransi Astra Life adalah artikel perdana yang saya ikutsertakan untuk lomba dan …. kalah 😁 Padahal hadiahnya lumayan banget. Apakah saya putus asa? Tentu saja tidak!

Saya tidak peduli menang atau kalah, saya hanya melihat peluangnya saja. Jadi, saya tidak kecewa. Setelah menulis 4 artikel yang semuanya kalah 😄 di lomba blog Nanovest, saya berhasil menyabet juara 2 dengan nominal hadiah yang lumayan.

Kemudian di lomba-lomba selanjutnya, saya juga menang lagi. Silakan berkunjung ke laman achievement untuk membaca rekapan hasil lomba saya di 2023.

Jika dihitung, dari semua lomba yang saya ikuti, saya memenangkan 11 (atau 12) diantaranya. Bersyukur banget. Tuhan memelihara saya dengan hasil dari lomba blog yang cukup untuk memenuhi kebutuhan di tahun 2023.

Saya bukan orang yang religius, bahkan semenjak Covid melanda saya dan suami ga pernah ke gereja (jangan di contoh ya) tapi tetep, saya orang yang punya Tuhan. Jadi saya percaya saja, Tuhan akan memelihara umatNya.

Saya juga gak menyangka kalau bisa menang lomba-lomba apalagi beberapa lomba mendapat juara 1 seperti di lomba Cekresi dan ASUS.

Mau tahu yang lebih ajaib lagi?

Desember 2023 lalu anak saya libur kuliah dan pulang ke Semarang. Tiket ekonomi dibelikan pakdenya.

Seminggu di Semarang, dia mau pulang naik kereta eksekutif, 600 ribu tiketnya. Dia minta lah uang tiket.

Emaknya ini segera scanning rekening lokal, rekening Wise, kosong. Di Hawkhost ada $82 kurang $18 lagi baru bisa di withdraw. Duh, gimana nih anakku. Dia telpon tanggal 27 Des dan rencana mau pulang tanggal 1 Januari. Wahhh hanya ada waktu hitungan hari.

Kepikiran untuk menjual online course bundling dengan harga promo. Dengan harapan, dapat deh duit 600 ribu buat bayar tiket.

Apa yang terjadi? Di tanggal 28 Des, promo bundling terjual satu juta lebih sedikit. Di withdraw tanggal 29 Des dari Midtrans. Uang tiket untuk anak aman, Tuhan maha besar. Rejeki anak.

Tidak berhenti disitu, hingga berakhir di tanggal 1 Januari 2024, promo bundling online course 15 Day Upwork Success dan 15 Day Virtual Assistant terjual dengan total nominal hingga 7 juta rupiah kurang lebih.

Suami dan anak saya sampai geleng-geleng kepala gak percaya. Yah, saya juga gak menyangka bakalan bisa menjual sejumlah itu.

Memang benar, kita harus berusaha tapi pasrah dengan hasilnya. Biar Tuhan yang memberi keputusan.

Di awal tahun 2023 saya berpikir tahun tersebut akan berat dan penuh tekanan, tapi ternyata kami bisa melalui tahun 2023 dengan selamat dan aman.

Baru ingat, ada tambahan nih.

Jadi, saya mengikuti lomba blog BRI Writefest. Di landing page lomba tersebut memang tidak disebutkan berapa nominal masing-masing pemenang. Hanya ada 5 kategori pemenang dan total hadiah 270 juta. Wow…

Ternyata, bisa masuk ke pemenang tambahan alias harapan. Ada 50 blogger di pemenang harapan ini termasuk saya. Dapatlah hadiah 500K. Bersyukur, bisa buat jajan.

Tidak tahunya, beberapa hari setelah hadiah settled, saya mendapat DM dari salah seorang teman sesama pemenang lomba juga. Katanya, akan ada revisi jumlah nominal hadiah dan dia sudah di telpon via WA. Saya tanya, kok bisa? Dia bilang, karena ada banyak yang protes.

Oh begitu, dasar gak update sama sekali 🌝

Btw, gak ada telpon juga dari pihak penyelenggara, jadi ya sudah lah ya…

Tahu-tahu, di hari itu juga agak sore, ada notifikasi saldo masuk 1,4 sekian juta. Kalau di total dengan yang sebelumnya jadi 2 jutaam kurang dikit. Mungkin karena kena biaya transfer atau apalah.

Wah, baru kali ini pemenang harapan dapat nominal hadiah lumayan gede. Rejeki lagi buat anak karena itu harinya dia mendapat transfer untuk uang makan sebulan 🌞 Kebetulan banget kan??

Sekian dulu curhat yang penting gak penting, semoga teman-teman yang membaca artikel ini bisa mendapat manfaat meskipun sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *