Wajib Coba, 10 Situs Freelance Job 2022

Banyak sekali freelance service marketplace atau freelance job marketplace yang bisa kita masuki dan kita join sebagai freelancer.

Banyak orang tertarik dan melirik kerja freelance sejak pandemi. Ada manfaatnya juga ya pandemi ini, banyak orang semakin mengerti dan maklum tentang kerja freelance dan kerja dari rumah. Jadi, kalau ada keluarga yang bertanya, lebih gampang saja jawabnya tidak seperti dulu haha. Bahkan ada yang mengira para freelancer ini ngepeters.

Orang-orang yang terjun ke dunia freelancing melakukan banyak cara untuk mendapatkan client. Melalui networking, referal dan juga situs-situs freelance job. Ada yang memang mempunyai mindset sebagai entrepreneur atau business owner dan menganggap freelance sebagai bisnis, ada juga yang menganggap kerja freelance hanya sebagai ekstra income terutama buat mereka yang memang mempunyai pekerjaan full time di luar freelance.

Kerja freelance bisa membantu kita mendapatkan income tambahan atau saat kita sedang jobless kita bisa mengambil kerja freelance supaya tetap ada income yang masuk. Kerja freelance juga cocok loh untuk dikerjakan ibu-ibu rumah tangga yang tetap ingin menghasilkan pendapatan tanpa meninggalkan keluarga dan anak.

Apapun alasan kita masuk ke gig economy, mungkin akan (sangat) sulit saat memulainya pertama kali. Terutama di keadaan paska pandemi dimana semua orang berlomba mencari untuk mendapatkan kerja remote. Kompetitor makin banyak sis setelah pandemi hehe…

Jika kamu bertanya-tanya, apakah bisa mendapatkan job freelance dari situs job freelance atau freelance service marketplace, baca artikel ini hingga selesai.

Sebagai catatan, kerja freelance tidak cocok untuk semua orang ya. Hanya orang yang biasanya benar-benar “kefefet” dan paham risiko yang beneran menceburkan diri bekerja sebagai freelancer. Karena freelancer tidak mendapat gajian yang pasti setiap bulan. Client yang mungkin berbeda-beda dan harus aktif mencari client, membutuhkan effort yang tidak biasa.

Baca juga: Freelance & Future Income

Situs job freelance, bagaimanapun adalah tempat yang tepat untuk menemukan client pertama sebagai freelancer. Ada banyak situs job freelance, tapi harus di filter dulu berdasarkan niche dan spesialisasi skill ya. Tipe job apa yang kamu cari, skill apa yang kamu punya, berapa banyak waktu yang bisa kamu korbankan untuk self marketing.

Berbicara tentang freelance service marketplace dan situs job freelance, dibawah ini adalah 10 situs job freelance yang layak untuk dicoba di tahun 2022.

situs freelance job
situs freelance job

General Freelance

Flexjobs

Berdiri di tahun 2007, Flexjobs adalah jembatan antara client dan freelancer. Kamu bisa menemukan job remote, hybrid, dan juga fleksibel job.

Mengapa Flexjobs? Ini nih alasannya.

  1. Job yang ada di Flexjobs berkualitas.
  2. Pilihan job mulai dari entry level hingga ke eksekutif level.
  3. Ada lebih dari 50 kategori pilihan job.
  4. Tidak ada spam dan iklan.

Buat kamu yang sering menerima reply dan interview scam, di Flexjobs, job yang masuk sudah di saring dengan teliti hingga kamu tidak akan menemukan job scam seperti di situs job freelance yang lain.

Apakah ada membership fee di Flexjobs? Yes, ada. Mulai dari $9.95 per minggu hingga $69.95 per tahun.

Tertarik? Give it a try. Tapi harus siap-siap modal dana dulu ya.

SolidGigs

Berbeda dengan Upwork atau Fiverr, Solidgigs bukan freelance marketplace. Solidgigs adalah tools untuk lead gen menemukan client yang potensial.

Begini cara kerja Solidgigs:

  1. Masukkan informasi dan kriteria tentang job atau project atau client yang diinginkan.
  2. Solidgigs akan mencari di semua resource untuk menemukan client sesuai kriteria yang kamu berikan.
  3. Kamu akan mendapatkan notifikasi begitu ada leads yang sesuai kriteria.
  4. Kamu mengirimkan pitch dan proposal.
  5. Hasil akhir apakah dapat job atau client tergantung langsung di negosiasi dan pitching yang kamu kirim.

Berapa biaya membershipnya? Coba gratis dan upgrade mulai dari $21 per bulan.

UpWork

Marketplace freelance terbesar saat ini dan juga freelance marketplace di mana saya sudah join sebagai freelancer dari tahun 2015.

Semua tentang Upwork bisa dibaca di artikel ini:

Tips Kerja dari Rumah Gaji Dollar

Upwork untuk Freelance Pemula

Cara Mendapatkan Client di Upwork (tanpa experience)

11 Tips Crafting Proposal Upwork

Hati-hati Scam di Situs Job Freelance

Coding skills

Toptal

Toptal ini adalah situs freelance eksklusif. Hanya freelancer-freelancer terpilih yang nantinya akan di berikan atau ditawari project melalui Toptal.

Toptal cocok buat kamu yang punya keahlian coding, developer, desainer, project manajer, dan produk manajer.

Satu hal yang membuat Toptal layak dilirik oleh freelancer adalah kesempatan untuk mendapatkan akses instant networking dan rekan-rekan sesama freelance dengan berbagai skill yang sudah teruji dan tentunya berkualitas

Jangan meremehkan kekuatan networking ya, karena bisa jadi peluang job dan project kamu selanjutnya bisa datang dari network sesama freelancer di Toptal.

Gun.io

Gun.io melakukan screening terlebih dahulu kepada client dan freelancer sehingga mengurangi terjadinya kemungkinan scam.

Keuntungan lainnya? Gun.io mengirimkan secara custom job langsung kepada freelancer. Kamu tetap harus apply dan mengirim proposal tapi kamu tidak akan membuang-buang waktu karena memang job tersebut sesuai dan relevan dengan skill mu.

Cara kerja Gun.io adalah

  • Client membuka job opportunity.
  • Client melakukan review para kandidat freelance yang sesuai dengan pilihan, lalu menjadwalkan interview, langsung di platform.
  • Client menentukan jangka waktu kontrak dan scope pekerjaan.
  • Gun.io yang menghandle kontrak, tracking dan payment.

Codeable

Buat kamu yang mempunyai spesialisasi di bidang WordPress developer, buruan daftar dan join di Codeable.

Ada pricing guide yang sudah ditetapkan jadi freelancer tidak perlu bidding lagi.

Baca bagaimana cara kerja Codeable disini https://www.codeable.io/how-it-works/#collaborate-block_5da8212a8cc21

Situs Job Freelance untuk Writer

Journalism Jobs

Journalism Jobs didirikan oleh business writer Washington Post. Keunggulan Journalism Jobs, job job yang ada berkualitas tinggi untuk para writer. Journalism Jobs juga mempunyai resource yang lengkap untuk membantu freelancer mempunyai pemahaman tentang pasar dan juga mempelajari skill baru.

Journalism Jobs tidak mengahandle transaksi, tidak seperti situs job freelance yang lain. Jadi mereka semacam situs direktori untuk para writer mencari job yang sesuai.

Minusnya, karena Journalism Jobs tidak menghandle transaksi antara client dan freelancer, semua risiko menjadi tanggung jawab freelancer secara mandiri apabila di kemudian hari terjadi dispute dll.

Mechanical Turk by Amazon

Mechanical Turk adalah situs job freelance yang bertindak sebagai pasar untuk berbagai macam job. MTurk ini sangat cocok untuk freelance pemula.

Banyak job seperti proofreading, data entry, metadata dan labelling. Small jobs memang, tapi disini kamu bisa membangun portfolio untuk kemudian digunakan di situs freelance job lain yang lebih besar.

Situs job freelance untuk artist

Artist yaa bukan artis sinetron apalagi artis abal-abal.

The Creative Loft

Apakah kamu seorang fotografer, desainer grafis, stylist, dan industri kreatif lainnya, kamu bisa menemukan job disini.

Beberapa kategori job yang bisa ditemukan di The Creative Loft diantaranya Event Planning, Interior Design, Entertainment, Fotografi, Advertising, Musik, dan Graphic Design.

Tidak seperti situs job freelance lainnya, The Creative Loft mengkhususkan diri hanya di bidang industri kreatif.

Cara kerja The Creative Loft bisa dibaca disini https://www.thecreativeloft.com/how-it-works/.

Behance

Behance adalah satu dari situs job freelance yang mendapatkan rating tinggi dari para user.

Behance dimiliki oleh Adobe, berfungsi sebagai sosial media network dan media portfolio. Di Behance, kita berkesempatan untuk menampilkan portfolio sekaligus mencari job opportunity.

Kita tidak langsung mendapatkan job dan income dari Behance, tapi kita bisa propose job di situs atau loker lain menggunakan akun Behance sebagai portfolio.

Menariknya lagi, Behance 100% gratis untuk digunakan.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah dapat insight baru tentang bagaimana cara mencari job dan client melalui situs job freelance? mana nih yang sesuai dengan skill dan kemampuan kamu sebagai freelancer.

Boleh tulis success storymu di kolom komentar ya….

Happy freelancing!

Similar Posts

4 Comments

  1. MTurk masih aktif, Mbak? Saya nengok beberapa minggu lalu karena dapat info dari youtube, tapi udah ga ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.