Teman-teman yang bergerak di bidang kepenulisan terutama penulisan copy atau copywriter, ternyata tidak hanya iklan yang memerlukan copy. Ada banyak job yang ternyata relate banget dengan copywriting.

Sebagai pekerjaan sampingan atau side hustle, copywriting sangat cocok dikerjakan oleh ibu rumah tangga maupun teman-teman yang mempunyai pekerjaan utama.

Besar kecilnya pendapatan dari copywriting pastinya bergantung kepada pengalaman, pilihan niche atau spesialisasi, dan berapa banyak kita bisa menghandle job copywriting di satu waktu.

Mari kita ketahui di artikel ini, apa saja job copywriting dan jenisnya, yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari rumah.

SEO (Search Engine Optimization) copywriting

Mengapa ada artikel dan website yang bisa ada di peringkat halaman mesin pencari? Sementara ada juga artikel yang tidak masuk ke mesin pencari sama sekali.

Hal ini berkat usaha dan upaya orang-orang yang bekerja di bidang optimisasi mesin pencari atau SEO. Satu bidang yang seharusnya di kuasai dan tidak boleh diabaikan oleh freelance copywriter.

Apa itu SEO copywriting? SEO copywriting adalah seni (art) dan ilmu bagaimana cara membuat konten menarik dan mendapat skor tinggi dari algoritma mesin pencari. Kita adalah perantara Google dan audiens dari klien.

Social Media Copy

Media sosial lebih dari sekedar meme dan konten ngetren yang viral, media sosial adalah platform penting untuk pemasaran (marketing) dan keterlibatan pelanggan.

Jika memiliki skills dan ketrampilan menulis postingan yang menarik, banyak disukai dan dibagikan, kita dapat mengubah keterampilan tersebut menjadi uang.

Media sosial copywriting ibarat kata adalah koki yang meracik bumbu menjadi hidangan yang dinikmati banyak orang.

Tugas media sosial copywriting adalah menulis caption Instagram dan postingan Facebook yang membuat orang berhenti scrolling, ingin dan mau terlibat entah percakapan atau ajakan kita, dan memungkinkan menjadi menjadi pelanggan.

Jika teman-teman adalah orang yang bisa menarik dan meng-attract followers, sosial media adalah panggungmu.

Sosial media job, selain penulisan biasanya juga berhubungan dengan desain grafis sederhana, editing, dan video.

Pastikan teman-teman memiliki keterampilan dan skills yang dibutuhkan dan familiar dengan berbagai macam platform sosial media yang berbeda. Beda platform memiliki perbedaan rules, audiens dan analitik yang harus kita ketahui.

Email Marketing

Email marketing adalah tentang mengirim pesan yang tepat ke orang yang tepat di waktu yang tepat.

Jika teman-teman pandai dalam hal membuat artikel yang membuat orang ingin membaca dan meng-klik, menjadi email marketing copywriter mungkin adalah pilihan tepat.

Kita tidak bisa begitu saja mengirimkan pesan acak, kita harus merancang kampanye pemasaran email yang menyeluruh. Pikirkan pesan yang ditargetkan untuk peluncuran produk, newsletter untuk selalu mengingat merek, atau email follow up untuk menghidupkan kembali hubungan pelanggan.

Sales page dan landing page

Bayangkan jika kita adalah seorang pemandu wisata digital, alih-alih memandu orang menelusuri bangunan bersejarah, kita mengarahkan mereka ke tombol “Beli Sekarang”. Jika teman-teman mempunyai bakat untuk membuat sesuatu produk atau event terdengar menarik, menjadi copywriter khusus untuk sales page dan landing page mungkin akan sangat cocok.

Sales page dan landing page dimaksudkan untuk membuat pengunjung tetap terlibat sambil mendorong mereka untuk melakukan pembelian atau mendaftar (sign up) menjadi subscriber. Ini adalah seni persuasi yang diringkas menjadi satu halaman web atau page. Contoh landing page bisa di lihat disini: 15 Day Workshop Become a Virtual Assistant.

Deskripsi produk (Product Descriptions)

Deskripsi produk adalah pahlawan belanja online tanpa tanda jasa. Deskripsi produk sederhana namun sangat penting.

Alih-alih melakukan promosi murahan, kita harus merangkai narasi yang menarik tentang produk-produk biasa, membuatnya tampak sama pentingnya dengan udara (ciee). Produk-produk baru selalu muncul dan beredar di pasaran, deskripsi produk bisa menjadi pilihan sebagai upaya sampingan untuk menambah income sebagai copywriter.

Optimisasi Sosial Media

Profil media sosial ibarat kata wajah kita di dunia digital, menampilkan citra atau brand tertentu kepada dunia. Dengan strategi yang tepat, kita bisa menyempurnakan profil sosial media untuk menampilkan kekuatan dan kapabilitas bisnis kita. Di sinilah optimasi media sosial (SMO) untuk bisnis berperan penting, membantu memaksimalkan dampak online kita.

Meskipun copywriting di media sosial lebi banyak dikenal, SMO (social media optimization) adalah bantuan penting yang membuat akun sosial media semakin bersinar. Sebagai SMO writer, kita bisa menyempurnakan profile LinkedIn, menyempurnakan profile bio, atau membuat profil Instagram lebih menarik.

Tugas SMO copywriter adalah membuat orang bertanya, “Wah, siapa ini?” dan bukan hanya “Meh, profil lain.” Sudah pasti, SMO writer bisa menjadi side hustle yang menjanjikan.

Podcast Scriptwriting

Diverse women communicating while recording voice in studio with white brick walls in daytime

Jika kamu pandai menyusun narasi dan tahu cara mempertahankan perhatian audiens, menulis naskah podcast mungkin cocok buatmu.

Podcast adalah media yang semakin populer, mencakup hampir semua subjek yang dapat kita pikirkan. Dari horor hingga kesehatan dan kebugaran, ada podcast untuk hampir semua minat orang. Peran kita adalah membuat peta jalan yang memandu pembawa acara dan penonton melalui setiap episode.

Podcast yang ditulis dengan baik memberi informasi dan menghibur, membuat pendengar tetap terlibat episode demi episode. Penulisan naskah yang baik dapat membuat atau menghancurkan podcast, sehingga keahlian podcast scriptwriting bisa sangat berharga di sini.

Jika hal ini menarik minatmu, podcast scriptwriter bisa banget dijadikan side hustle. Ini adalah cara unik untuk menggunakan keterampilan menulis dengan berkontribusi pada kesuksesan sebuah pertunjukan (podcast).

E-commerce

Jika kamu merasa ide menulis deskripsi produk adalah hal yang menarik (seperti yang telah kita bahas sebelumnya diatas), mungkin kamu ingin mencoba copywriting untuk ecommerce dalam skala yang lebih besar. Kita berbicara tentang: judul produk, poin-poin, deskripsi produk utama, dan terkadang bahkan profil penjual.

Startup pitch decks

Woman in Black Blazer Standing beside White Board

Jika kamu mempunyai bakat untuk melontarkan ide, produk, dan bisnis baru, hal ini bisa menjadi peluang besar.

Kamu bisa menulis slide PowerPoint yang dapat mewujudkan impian sebuah startup, yang memengaruhi apakah mereka akan mendapatkan pendanaan yang mereka butuhkan.

Pitch deck lebih dari sekadar kumpulan fakta dan angka. Itu adalah sebuah cerita. Tugas kita sebagai startup pitch decks adalah membantu startup mengartikulasikan visinya dengan cara yang dapat diterima oleh investor.

Bagaimana? Ternyata banyak pilihan untuk menjadi spesialis copywriter. Tidak hanya terbatas menulis konten artikel dan konten blog.

Ataukah kamu sudah menjalani side hustle diatas? Boleh share pengalamanmu di kolom komen ya 😊

Yuk, belajar tentang virtual assistant dari nol. Pelajari step by step bagaimana cara menjadi seorang virtual assistant. Klik image dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *