People need to know who you are and what you do in the most simple way possible. Keep it simple. You should be able to brand yourself in 5 words or less.

Grant Cardone

Apa yang bisa kamu ceritakan tentang personal brandingmu dalam 5 kata atau kurang?

“Saya membuat website lebih authoritative dengan backlink berkualitas.”

Well, lebih dari 5 kata tapi never mind, gapapa lah ya. Bahasa Indonesia biasanya memang lebih panjang dari Bahasa Inggris ๐Ÿ™‚

Di dunia digital saat ini, bagi freelancer dan khususnya virtual assistant, personal branding adalah hal yang wajib harus dilakukan.

Website dengan domain dan ekstensi yang unik, sosial media, blog artikel, online portfolio, adalah beberapa cara yang digunakan freelancer dan virtual assistant membangun personal branding.

Mau tahu apakah kamu sudah berhasil membangun personal branding? Coba cek di Google, ketikkan namamu atau nama brand mu di search bar. Apapun hasil yang keluar, itulah personal brandingmu di mata online audiens. Oh iya, pastikan menggunakan Incognito Chrome tab.

Ini yang saya temukan di Google saat saya mencari kata kunci “Indri Ariadna.”

Dari hasil pencarian, terlihat bahwa hasil paling atas adalah blog ini indriariadna.com, kemudian ada beberapa guest posting artikel yang memberikan backlink ke blog ini, channel Youtube Indri Ariadna dan beberapa aplikasi dan tools yang pernah saya gunakan.

Nah, buat kamu para freelancer dan virtual assistant, bersyukur kalau kamu sudah paham tentang personal branding. Buat kamu yang belum memulai membangun personal branding, yuk mulai sekarang juga!

Kalau kamu berpikir personal branding adalah hal yang susah dilakukan, kamu salah besar loh.

Personal branding bukan sulit untuk dilakukan tapi kita sulit untuk konsisten. Konsisten menulis konten yang berkualitas, video yang berkualitas atau sosial media update.

Seperti yang kita tahu, kompetisi di dunia freelancing lokal maupun global sudah semakin meningkat. Kabar baiknya, personal branding bisa menjadi penentu secara cepat, apakah klien memutuskan mau bekerja sama dengan kita atau tidak.

Personal branding adalah koentjie yang membedakan kita dengan para kompetitor.

Sama halnya dengan company branding, personal branding membantu kita bisa terhubung dengan klien dan audiens, lebih “terlihat” di industri dimana kita berada, membangun reputasi, dan kesempatan untuk menjual lebih banyak jasa (service virtual assistant) kepada calon klien.

Baca artikel ini hingga selesai, jadi kamu bisa tahu apa itu personal branding dan bagaimana membangun personal branding menggunakan website dan domain murah dari Rumahweb. Perlu kamu tahu, Rumahweb adalah partner setia buat kita para pekerja digital yang ingin #naiklevel.

Tentang virtual assistant

Buat kamu yang baru pertama kali mendengar tentang virtual assistant, pasti bertanya-tanya dalam hati, virtual assistant itu apa ya? Orang atau pekerjaan atau gorengan? Eh bercanda ๐Ÿ™‚

Virtual assistant secara literal mempunyai arti asisten virtual. Asisten yang membantu pekerjaan klien secara virtual atau online dari rumah atau wherever yang penting tidak stay di kantor. Virtual assistant bukanlah karyawan atau pegawai, tapi seorang kontraktor independen atau self employed atau pekerja mandiri.

Virtual assistant berperan penting menghandle berbagai urusan administrasif klien supaya klien mempunyai lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis dan tidak menghabiskan waktu untuk mengerjakan urusan administratif.

Jadi, peran virtual assistant sangat penting banget terutama buat solopreneur, perusahaan rintisan maupun perusahaan besar.

Beberapa hal yang bisa dikerjakan virtual assistant diantaranya adalah menjadwalkan meeting, menjadwalkan keperluan traveling, menerima telepon, manajemen inbox, email marketing, sosial media manajemen, customer service, dan masih banyak lagi.

Di ebook ini kamu bisa dapatkan informasi tentang 150+ service yang bisa ditawarkan atau dijual virtual assistant. Kamu bisa cek, apakah kamu punya skill yang mirip atau sama dengan yang ada di ebook ini. Jika ada, selamat! Kamu sudah sedikit lebih dekat untuk bisa menjual jasa service virtual assistant dan menghasilkan income dari rumah.

.

Baca juga:

Virtual Assistant, 7 Page Ini Wajib Ada di Websitemu!

Bisakah Saya Menjadi Virtual Assistant?

Tentang personal branding

Personal branding adalah citra atau gambaran yang di proyeksikan dari personality, skills, pengalaman, dan attitude yang kemudian di definisikan sebagai identitas unik seseorang.

Kita ingin dikenal orang sebagai siapa? Sebagai virtual assistant atau sebagai blogger atau ibu rumah tangga? Semua persepsi dan pandangan orang lain ke kita berasal dari apa yang ingin kita tampilkan di publik.

Mudahnya, jika mendengar orang lain gibah tentang siapa kita saat kita tidak ada di tempat tersebut, itulah personal branding kita di mata orang lain.

Buat saya pribadi, personal branding memungkinkan saya mendapatkan lebih banyak kesempatan menjadi narasumber, mendapatkan job sebagai virtual assistant dan link builder, menjual produk digital, webinar serta online course, dan yang paling penting, bisa terhubung dengan audiens yang tertarik menjadi freelancer atau virtual assistant. Mungkin salah satunya kamu yang sedang membaca artikel ini ๐Ÿ™‚

Hampir setiap hari saya mendapatkan email, DM di Instagram dan Messenger, komentar di blog, yang bertanya tentang bagaimana cara memulai bekerja freelance, bertanya tentang apakah penawaran yang diterima adalah scam job atau bukan, meminta nasihat dan masih banyak lagi.

Kalau saya boleh bilang, selama beberapa tahun ini, personal branding yang saya bangun sudah mulai menampakkan hasil.

Mengapa personal branding penting bagi virtual assistant

Di situs freelance marketplace global terbesar saat ini yaitu Upwork, jumlah virtual assistant yang bergabung sudah berjumlah ribuan. Bagaimana cara kita bisa menarik perhatian klien diantara ribuan kompetitor ini?

Jika kamu mencari klien dan project melalui platform, diperlukan skills yang specialized dan bukan hanya general skills sebagai virtual assistant. Sebenarnya berlaku secara general ya dan bukan hanya di platform.

Diluar platform, personal branding juga sangat penting untuk virtual assistant apalagi jika kita ingin mencari klien melalui Facebook, LinkedIn, dan Instagram.

Specialized skills ini yang nantinya berfungsi sebagai personal branding kita di platform Upwork dan platform lainnya.

Semakin kita menjadi spesialis, semakin tinggi rate yang bisa kita tawarkan ke client. Kita tidak lagi menukar waktu dengan uang tapi menukar pengalaman dan expertise. Siapa yang tidak mau menghasilkan income dan pendapatan yang lebih banyak ya kan?

Kita harus mempunyai pembeda yang unik di antara virtual assistant yang bertebaran di dunia maya.

Manfaat personal branding bagi virtual assistant

Stand out from crowd

Kita tampil beda, unik, dan lebih “terlihat” dibandingkan kompetitor di industri yang sama. 

Premium pricing

Tanpa personal branding, kita hanya akan berkompetisi dan bersaing di harga. Dengan personal branding dan sebagai expert, kita bisa charge harga lebih tinggi..

Trust & authorithy

Personal branding bisa meningkatkan trust atau rasa percaya dari audiens dan klien.

Attract more clients

Personal brand yang bagus memposisikan kita sebagai expert di industri dan niche kita. Sebagai seorang expert pastinya akan lebih mudah untuk menarik perhatian dan mudah mendapat kepercayaan dari prospective client.

Membangun network

Jika personal branding bisa menjelaskan dengan benar siapa kita, apa yang kita kerjakan dan bagaimana kita bisa menolong orang lain, orang-orang akan lebih mudah untuk terhubung dengan kita.

Get featured

Kita akan lebih mudah ditemukan oleh media dan brand jika sudah memiliki personal branding yang tepat.

Personal branding strategi supaya virtual assistant bisa #naiklevel

Mengapa kita ingin melakukan personal branding? Pikirkan dulu jawabannya sebelum memulai dan memutuskan membangun personal branding.

Apakah kita sebagai virtual assistant ingin membangun agensi, atau apakah kita menargetkan klien tertentu, ataukah kita mau share experience dan pengalaman kita ke audiens.

Apapun alasannya, jika kita tahu jawaban atas pertanyaan di atas, nantinya akan sangat membantu kita untuk menentukan konten strategi personal branding yang kita bangun.

Personal branding juga memerlukan tema skema warna tertentu.

Ambil contoh Coca Cola dengan theme warna merah dan botol yang unik. Kegunaan menggunakan tema warna tertentu untuk personal branding adalah kita akan lebih mudah dikenali.

Selain skema warna, kita juga bisa melengkapinya dengan logo, fonts, image atau foto sebagai brand visual identity.

Saya pribadi menggunakan warna-warna earthy dan natural untuk website dan semua sosial media yang saya gunakan. Saat ini menggunakan font Butler dan Epilogue. Juga menggunakan foto pribadi, bukan stock photos, supaya audiens mengetahui wajah Indri Ariadna seperti apa. Selain lebih mudah dikenali, menggunakan foto pribadi bisa meningkatkan trust.

Sejalan dengan semakin tumbuh dan berkembangnya personal branding kita, harap selalu di ingat bahwa kita adalah “orang” dan bukan brand.

Meskipun kita ingin dikenal dengan bisnis yang kita kerjakan, ada baiknya kita juga menunjukkan sisi “human” kita dari waktu ke waktu.

Bagaimana kita memulai bisnis, gagal, memulai lagi, kita bisa lebih menjangkau audiens secara natural.

Orang ingin saling terhubung dengan orang lain, bukan terhubung dengan perusahaan.

Personal branding bisa menunjukkan ke orang lain bagaimana kita sampai berada di titik saat ini. Apa yang kita kerjakan, bagaimana opini dan pendapat kita, skills dan keterampilan apa yang kita punya.

Untuk membagikan story kita bisa menulis tentang mengapa tertarik menekuni dunia freelancing dan virtual assistant seperti blog saya ini.

Atau membuat video, tutorial dan juga pelajaran apa saja yang bisa kita pelajari sebagai virtual assistant, bicara tentang kegagalan dan juga berbagi tentang produk dan service yang kita jual sebagai virtual assistant.

Tips membangun personal branding – worksheet (free download)

Buat kamu yang ingin memulai membangun personal branding tapi masih bingung harus memulai dari mana, silakan download worksheet ini ya.

Personal branding worksheet ini bisa membantu kamu menentukan dan menemukan personal branding strategi dan brand konten taktik yang sesuai dengan personal brand yang ingin kamu bangun.

Personal branding worksheet bisa di download gratis dengan cara klik dan subscribe form dibawah ini.

.

Bagaimana website bisa membantu membangun personal branding virtual assistant #naiklevel

Salah satu usaha untuk membangun personal branding dan mendapatkan exposure lebih adalah menggunakan personal website. Seperti yang saya gunakan saat ini.

Website adalah rumah kita di dunia digital. Website juga menjadi jembatan yang menghubungkan antara konten yang kita buat dengan audiens atau prospective clients.

Jika kita membangun website dengan tepat sesuai niche dan sesuai goals, kita bisa mengharapkan datangnya leads secara terus menerus selama website masih tayang.

Leads ini sangat penting dan bernilai karena mereka sudah mengenal personal branding kita, sudah terjadi engagement, sudah mengunjungi website kita, dan sudah memiliki trust.

Leads bisa jadi adalah follower, subscriber, dan prospective client.

Dengan personal website, selain menumbuhkan personal branding, kita juga bisa menjual jasa, service, dan produk secara online.

Apa itu nama domain dan mengapa nama domain sangat penting untuk personal branding virtual assistant #naiklevel

Suatu bisnis bisa tetap hidup atau mati tergantung pada nama domain. Demikian juga personal website virtual assistant.

Nama domain adalah versi user friendly di balik layar saat pengguna melakukan pencarian domain secara online.

Sebagai identifikasi, setiap komputer yang menggunakan internet mempunyai IP address tertentu. Demikian juga, nama domain sebenarnya adalah IP address yang terdiri dari banyak angka. Nama domain yang unik menjadi pengganti IP address yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan angka agar memudahkan pengguna untuk mengingat dan mencari alamat website tertentu di mesin pencari.

Nama domain juga bisa digunakan untuk membuat alamat email profesional. Menambahkan nama domain di email signature, kartu nama, iklan, newsletter, dan brosur juga menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan personal brand secara offline.

Alamat email yang menggunakan domain akan lebih profesional daripada alamat email gratis. Contoh: selain alamat email gmail, saya juga menggunakan alamat email indri@indriariadna.com

Pentingnya nama domain

Meski banyak orang berpikir bahwa tampilan visual website adalah hal penting dan utama dari suatu website, sebenarnya nama domain adalah hal yang paling penting daripada tampilan atau visual.

Coba pikirkan, nama domain ibarat kata adalah nama jalan menuju ke website (rumah) kita. Nama domain adalah cara bagaimana orang-orang bisa menemukan alamat kita di dunia digital.

Nama domain juga mendeskripsikan tentang personal brand, dan bisa jadi mempunyai efek yang besar terhadap SEO (search engine optimization).

Memilih nama domain yang tepat untuk personal branding

Nama domain dengan satu suku kata adalah yang terbaik, tapi biasanya sudah tidak available dan tidak tersedia lagi. Kecuali kita mau membayar harga yang mahal untuk satu nama domain seperti yang dilakukan Pak Dharmesh Shah, co-founder Hubspot saat mengakuisisi domain chat.com. Penjelasan beliau tentang pembelian domain yang mahal ini bisa dibaca disini.

Saat memutuskan untuk membeli nama domain, pertimbangkan kriteria dibawah ini:

  • Pilih ekstensi .com
  • Nama domain harus mudah di lafalkan
  • Semakin pendek nama domain semakin baik
  • Hindari penggunaan tanda penghubung
  • Gunakan kata kunci yang relevan

Jika bingung memilih nama domain yang tepat untuk personal branding website, kita bisa menggunakan bantuan domain name generator. Beberapa domain name generator yang bisa digunakan gratis antara lain:

Pilihan ekstensi domain

TLD atau top level domain adalah akhiran atau ekstensi dibelakang URL. TLD yang paling umum digunakan adalah .com yang merupakan generic TLD.

Di bawah ini adalah generic TLD dan kegunaannya.

  • .info – untuk informational website
  • .co – untuk perusahaan, komunitas dan atau commerce website
  • .net – untuk teknikal atau infrastruktur website
  • .biz – untuk bisnis dan komersial website
  • .org – untuk non komersial dan non profit website
  • .me – untuk personal website

Kalau saya pribadi lebih memilih TLD .com karena lebih user friendly dan mudah di ingat.

7 Tips memilih nama domain yang SEO friendly

Setelah mengetahui tentang nama domain, manfaat dan berbagai pilihan ekstensi, sekarang saatnya kita mempelajari tentang memilih nama domain yang SEO friendly.

Mengapa harus SEO friendly? Supaya website kita lebih mudah di telusuri oleh mesin pencari dan lebih mudah juga ditemukan oleh pengunjung.

tips memilih nama domain yang SEO friendly

Gunakan branding di nama domain

Google menggunakan brand signal sebagai pembeda antara website yang berkualitas tinggi dan website yang berkualitas rendah.

Branding membuat perbedaan di tengah banyaknya kompetisi di dunia digital. Dan memang inilah yang kita inginkan, tampil beda dibandingkan kompetitor.

Nama domain yang bisa di ingat orang dengan baik bisa menjadi personal branding yang sangat oke. Jadi jangan takut menggunakan namamu sebagai branding untuk personal website yang kamu bangun.

gunakan dan pilih ekstensi .com

Nama domain dengan akhiran .com lebih mudah dikenali dan dipercaya serta digunakan lebih banyak orang.

Hindari angka

Menggunakan angka di nama domain bukanlah ide yang bagus. Saat mendengar nama domain diucapkan, bisa terjadi salah tangkap dan kebingungan. Contoh: Threemenandababy.com atau 3menandababy.com?

Angka, seperti juga tanda hubung, di asosiasikan dengan website spam. Jadi hindari penggunaan angka di nama domain yang kamu pilih.

Hindari nama domain yang ambigu

Ambigu berarti satu kata bisa mempunyai lebih dari satu makna yang berbeda.

Contoh nama domain yang mempunyai arti lebih dari satu:

  • therapistfinder.com
  • molestationnursery.com
  • speedofart.com
  • gotahoe.com
  • itscrap.com

Intuitive

Pilih nama domain yang tidak membiarkan orang berpikir dua kali tentang apa arti di balik nama domain yang kita gunakan.

Contoh: webjet – bisnis yang menjual tiket pesawat online

Demikian juga dengan booking.com atau traveloka.com

Mudah diketik dan diucapkan

Jika nama domain terlalu susah untuk diketik dan diucapkan, pengunjung bisa saja typo dan berakhir dengan tidak menemukan website kita. Siapa yang rugi? Yep, kamu!

Lebih Pendek lebih baik

Usahakan untuk membeli nama domain yang tidak melebihi 15 karakter. Semakin pendek, semakin baik.

Fun fact, dari 100.000 website, rata-rata mereka mempunyai 9 karakter sebagai nama domain. Sumber

Do and dont’s memilih nama domain

Membangun pesonal branding dengan website, laman ini harus ada

Homepage

Pilih homepage statis ketimbang homepage dinamis. Keunggulan homepage statis untuk personal branding, kita bisa langsung memberitahu pengunjung website tentang siapa kita, pengalaman, dan juga service yang kita tawarkan.

Lead magnet juga bisa ditampilkan di homepage untuk menarik perhatian pengunjung dan supaya terjadi engagement.

About

Laman yang bisa kita isi dengan story telling tentang bisnis kita dan alasan mengapa kita memulai bisnis virtual assistant.

Model bisnis dan jasa service apa saja yang kita tawarkan. Tampilkan juga foto profesional dan anggota tim jika ada.

Contact

Laman yang sangat penting supaya pengunjung website bisa dengan mudah menghubungi kita. Email, telepon, dan juga contact form bisa kita tampilkan di laman contact ini.

Shop/courses/services

Jika kamu menjual produk dan jasa secara online, sertakan laman Shop atau Store supaya pengunjung bisa membeli produk dan jasa kita.

Tidak menjual produk dan jasa tapi menjual kursus online? Sertakan juga laman kursus online nya.

Biasanya, seorang virtual assistant menjual service. Nah, buat juga satu laman khusus yang memuat tentang service virtual assistant apa saja yang kita tawarkan kepada prospective client.

Portfolio

Daripada membuat portfolio menggunakan pihak ketiga seperti Dribbble atau Behance, jika kita mempunyai website sendiri, kita bisa menayangkan portfolio yang kita punya secara langsung.

Portfolio sangat penting supaya bisa menumbuhkan trust dari client dengan cepat. Portfolio yang bagus dan attractive juga bisa membuka peluang kerja sama dengan client atau brand.

Blog

Jika kita ingin berbagi pengalaman, ide, opini, kita bisa membuat satu laman khusus yang berisi artikel. Blog juga mmenjadi jembatan antara opini kita dan opini pembaca.

Testimonials

Laman testimonials penting untuk meningkatkan personal branding dan trust. Dengan adanya testimonials dari clients atau pembeli, kita bisa mendapatkan kepercayaan dari pengunjung website secara cepat.

Membeli domain di Rumahweb, aman dan terpercaya

3 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli domain

Ada banyak tempat untuk membeli nama domain, tapi saran saya, hati-hati saat membeli domain. Karena apa? Karena seperti yang saya ungkapkan diatas, nama domain berhubungan erat dengan personal branding.

Jangan hanya tergiur harga promo domain yang murah tapi saat renewal satu tahun kemudian, kita diharuskan membayar harga yang lebih tinggi berkali-kali lipat.

Juga, jangan sampai salah beli di penjual abal abal. Pernah ada yang curhat di salah satu grup Facebook. Dia membeli nama domain dari salah satu ecommerce terkenal, namun kemudian saat mau perpanjangan atau renewal ternyata tidak bisa dilakukan. Yang rugi siapa? Kamu lagi dong…

domain murah Rumahweb

Mengapa memilih Rumahweb

Didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta, Rumahweb Indonesia tumbuh menjadi salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia yang kini melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan.

Rumahweb adalah perusahaan yang terakreditasi oleh ICANN sebagai Registrar sejak tahun 2013 dan diaudit secara berkala untuk memastikan โ€œkesehatanโ€ perusahaan dan level pelayanan pelanggan.

Jadi, aman banget deh kalau kamu mau beli domain untuk membangun personal branding menggunakan personal website. Udah gitu, harga domain di Rumahweb sangatlah terjangkau dan sering ada banyak promo.

Rumahweb cocok banget nih buat jadi partner kita para freelancer dan virtual assistant yang ingin #NaikLevel

Dibawah ini alasan mengapa kamu harus membeli domain di Rumahweb.

Siaga 24×7

Kapanpun butuh bantuan, orang rumah Rumahweb selalu siaga 24×7 yang artinya tidak ada hari libur atau tanggal merah. Satu minggu dan 24 jam per hari Rumahweb selalu siap membantu. Tinggal pilih nih, mau menghubungi Rumahweb menggunakan email, WA atau live chat.

Tutorial lengkap

Dokumentasi artikel dan juga channel Youtube berisi video tutorial A-Z tentang domain, hosting dan website yang semuanya uptodate sangat membantu saat kita membutuhkan tutorial.

Spesialisasi

Rumahweb mempunyai 3 spesialisasi departemen yaitu technical support, sales, dan billing. Semuanya untuk mendukung dan membantumu menyelesaikan order dan permasalahan pelanggan dengan lebih cepat dan efisien.

Fitur dan manfaat apa saja yang kamu dapatkan saat membeli domain dari Rumahweb?

Domain locking protection

Melindungi domain agar tidak dapat tertransfer secara tidak sengaja. Kamu terlindungi dari scam dan phising.

Support DNSSEC

Rumahweb mendukung DNSSec yang merupakan standard pengamanan domain terhadap ancaman DNS poisoning.

Privacy Protection

Melindungi privasi pemilik domain untuk menghindari SPAM dan meminimalkan resiko keamanan.

Domain Management Panel

Kendali domain sepenuhnya ada di tangan kita melalui panel pengelolaan domain yang lengkap dan mudah digunakan.

Social Media Connect

Domain dapat langsung terkoneksi dan diarahkan ke akun sosial media. Solusi branding praktis #naiklevel

Managed DNS Service

Membuat record DNS dan mengarahkan sesuai kebutuhan dengan mudah.

Kesimpulan

Buat kamu yang ingin membangun personal branding, saran saya, mulailah membangun personal website. Hari gini, harga membuat satu website sangat terjangkau kok.

Semisal agak mahalan dikit, bakalan worth it banget kalau kamu bisa menjaring prospective client dan juga bisa melakukan partnership dengan brand lain.

Pilih nama domain yang baik dan unik yang mempresentasikan personal brandingmu.

Beli domain dan hosting di Rumahweb karena Rumahweb sangat bisa diandalkan bagi kita para freelancer pemula terutama buat yang tidak terlalu techy.

Yuk, bangun personal brandingmu sekarang dengan domain murah dari Rumahweb.

Referensi

WpBeginner

Thinkific

Rumahweb

Similar Posts

26 Comments

  1. Membuat blog memang tidak bisa sekadar saja ya. Banyak printilan yang perlu diperhatikan biar blog makin terpercaya dan maksimal digunakan.

  2. Langsung saya ketikkan kata kunci blog saya dan nama saya, ternyata banyak muncul. Itu berarti branding saya sudah dapat. Ngeh banget setelah baca artikel di awal.

  3. Saya dulu pernah salah memilih nama domain, ternyata terlalu panjang. Kata pakar SEO memilih nama domain jangan terlalu panjang juga karena tidak sesuai kaidah SEO. Memang nama domain itu digunakan untuk branding sebagai blogger juga

  4. Berarti Virtual Assistant ini sedang booming ya Mbak. Walau dihatiku ingin tapi sepertinya belum saat sekarang. Kasihan nanti kliennya kalau dapat VA seperti aku yang semangatnya masih on off.

  5. Membuat blog ini ternyata berikut denga printilannya yang detil untuk dilakukan ya..
    Penting banget untuk memulainya dengan membaca dan mengikuti langkh lengkapnya di artikel kak Indri. Karena seringkali kita sudah menyesal duluan karena sudah terlanjur melakukannya. Seprti contoh sederhananya adaalh saat memilih nama blog. Alih-alih ingin branding, namun malah membingungkan dan gak SEO friendly.

    Terima kasih sekali atas artikelnya, kak.

  6. Saya baru tahu juga dengan profesi virtual assistant itu. Sempat disebutkan sebagai salah satu profesi di masa depan yang bakal booming sih. Cuma gatau detailnya. Baru tahi setelah membaca artikel ini

  7. Saya pun memilih Rumah Web sebagai penyedia domain blog saya Mba. Memang fast respon dan membantu banget. Milih nama domain pun nggak bisa asal soalnya buat personal branding juga. Buat kerjaan apa pun personal branding itu penting pastinya.

  8. sekarang memang personal branding ini perlu banget ya, mbak dibangun termasuk di dunia blogger. saya sendiri masih belum ketemu nih personal branding buat diri saya soalnya ngeblog masih nggak fokus topiknya dan belum menemukan hal lain yang bisa saya kembangkan

  9. Sekarang ini, personal branding itu penting ya mbak
    Untuk mendukung aktivitas yang kita lakukan
    Termasuk menjadi virtual assistant

  10. Tertarik banget saya dengan profesi Mbak Indri. Saya sendiri masih berusaha menemukan bentuk, personal branding seperti apa yang mau saya buat ya. Hehehe. Makasi banyak sudah dishare beberapa referensinya ya Mbak. Banyak banget ilmu nih yang saya dapat dari tulisan ini. Btw, RumahWeb bisa jadi salah satu referensi juga sepertinya ya untuk perpanjangan domain dan service berikutnya.

  11. Detail sekali penjelasan nya kak dan jadi banyak tahu lagi soal personal branding ini apalagi kaitannya untuk menjadi personal asisten

  12. Aku masih inget prinsip mb Indri, salah satu personal branding blog yaaa…blognya niche-nya harus jelas. Tapi dasarnya aku, masih terima job, yang bikin niche blog jadi blog gado-gado noh…
    Gimana mau personal branding kalau blognya kesan-kemari…

  13. Wah lengkap. Terima kasih banyak untuk ilmunya. Ini harus dibaca ulang lagi dan pelan-pelan diterapkan. Aku pernah iseng ketik kata “Cucum” dan yang keluar nama salah satu SD dan kampung di Aceh ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  14. Lihat Mbak Indri bener-bener konsisten ya dari 2 tahun yang lalu membangun personal branding VA ini. Bismillah 2023 aku mau asah ilmuku, baru perlahan membangun citra diri.

  15. Wah kebetulan aku punya beberapa domain di Rumahweb, dan selama hampir 10 tahun ini puas banget dengan pelayanan dari Rumahweb. Bahkan kini banyak inovasi dari Rumahweb yang sangat membantu untuk meningkatkan personal branding.

  16. kalau kerja di dunia digital ini personal branding penting banget sih ya kak, kalau calon klien mau menghubungi pasti bakal ngecek dulu tuh gimana rekam jejak digital kita dan bisa juga malah klien yang bingung nyari siapa eh pas searching ketemu nama kita

  17. Ngga diraguin lagi sih ini soal personal branding ngga hanya butuh waktu, tapi juga effort sampai punya jejak digital yang menggambarkan “kita banget”, salah satunya dengan punya domain sendiri ini yaa mba

  18. Wah, makasih banyak mbak. Dapat input lebih banyak nih tentang personal branding. memang bagi berminat jadi freelance terutama blogger mesti punya blog yang sudah berdomain sendiri ya mbak, gak pake yang gratisan.

  19. Ya ampuun, mba, aku baca bahasa digitalnya sampe berulang-ulang, malah bingung fungsinya antara yang satu sama yang lain. ๐Ÿ˜…

    Payah, mba, aku emak-emak gaptek. ๐Ÿคญ

  20. Sejak awal saya ngeblog pakai Rumahweb:)

    Btw, setiap baca tulisan Mbak indri itu saya selalu suka…insightful dan bikin terkesima, sambil ngangguk-angguk gitu bacanya. Dari artikel ini saya jadi tahu pentingnya personal branding dan seputarnya. TFS, Mbak. Pengin naik level saya jadinya

  21. Saya pecinta rumahweb banget nih, semua domain saya pakai rumahweb. Yang paling saya sukai karena ada fitur chatnya, dan itu 24 jam bisa kita gunakan dong.
    Jadi selama ini utak atik blog, selalu lebih mudah dengan bantuan chat.
    Btw personal branding emang bermanfaat buat banyak hal ya ๐Ÿ™‚

  22. Aku kalau ketik nama sendiri, yg muncul bukuยฒ yg dulu aku tulis. Padahal akhirยฒ ini lebih sering ngeblog…๐Ÿ˜…
    Memang ya kalau bikin nama domain hrs cek ke banyak bahasa. Bahaya kalo artinya ambigu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.