Hai teman-teman semua, apa kabar? Semoga kabarnya baik semua ya..

Di artikel ini saya mau berbagi tentang freelancer secara lebih detail. Mungkin masih ada teman-teman yang belum tahu tentang term atau hal-hal yang biasanya perlu dipahami oleh seorang freelancer.

Mungkin juga masih ada teman-teman yang belum tahu tentang arti dan definisi freelance serta kerja freelance.

Nah, baca sampai selesai ya….kalau mau menambahkan atau ada pertanyaan, silakan tuliskan di kolom komentar.

Arti dan definisi freelancer

Freelancer adalah kontraktor independen yang menghasilkan upah atau income berdasarkan job per jam atau job per task, biasanya short term job atau job yang mempunyai jangka waktu pendek.

Sederhananya, freelancer tidak bekerja untuk perusahaan tertentu seperti karyawan pada umumnya.

Pekerjaan freelance

Pekerjaan dan job freelance biasanya dikategorikan dalam dua tipe yaitu job berbasis hitungan jam atau hourly job dan job berbasis milestone atau borongan.

Contoh job pekerjaan freelance

Admin support, content writing, desain grafis, SEO, machine learning, data science, social media specialist, UI UX, dan masih banyak lagi.

Apakah freelancing adalah pilihan tepat?

Baik dan berhasil di satu orang tidak menjadi jaminan orang lain akan mendapat hal yang sama.

Tapi yang perlu diketahui, dengan bekerja sebagai freelancer, kita bisa mempunyai data base client sendiri dan bisa membangun bisnis freelance menjadi lebih besar dan berkembang.

Dengan menjadi freelancer yang mempunyai lebih dari satu skills, kita bisa menawarkan service yang berbeda serta rate yang berbeda pula.

Kita bisa memilih, skill mana yang pada akhirnya bisa menghasilkan income lebih besar.

Skills dan keahlian yang dibutuhkan untuk kerja freelance

Ada skills dan keahlian khusus yang perlu dimiliki seorang freelancer untuk mendapatkan project dan client.

Selain skills dan keahlian khusus, ada juga skills umum yang perlu dimiliki oleh semua freelancer yaitu:

  • IT skills
  • Kemampuan berkomunikasi yang baik
  • Mudah bekerja sama dalam team
  • Problem solving
  • Selalu up to date
  • Sense of humor

Apakah kerja freelance dibayar?

Kerja freelance dibayar sesuai kesepakatan antara freelancer dan client. Apakah akan di bayar per jam (hourly) atau di bayar per job selesai (fixed).

Ada juga sistem retainer, client memberikan pembayaran dimuka. Dengan sistem retainer, client sudah membeli jam dan waktu yang dijual oleh freelancer.

Adakah job freelance terbaik?

Di tahun 2022, ada beberapa job freelance yang paling banyak di butuhkan. Artikel sumber bisa dibaca disini.

10 Freelance jobs paling banyak dicari dengan rate tinggi adalah

Web desainer dan web developer

Graphic desainer

Tutoring

Virtual Assistant

Buat kamu yang ingin tahu tentang virtual assistant, apa saja tipe dan jenis pekerjaan serta bagaimana cara mendapatkan client, cek link ini How to Become a Pro Virtual Assistant.

virtual assistant online course

Writer

Editor

Financial konsultan

Social media specialist

App developer

Content creator

Bagaimana cara memulai kerja freelance?

Saya sudah pernah membuat artikelnya, silakan baca disini: Cara Memulai Kerja Freelance

Pekerjaan freelance terbaik untuk freelance pemula

Subscribe dan download ebook 150+ Virtual Assistant’s Offering Service. Pilih service mana saja yang sesuai dengan basic skillmu.

.

Bagaimana cara memulai kerja freelance tanpa skills?

Ada beberapa tips untuk freelance pemula yang minim bahkan belum mempunyai skills tertentu tapi ingin memulai kerja freelance.

Putuskan

Apakah kamu lebih menyukai dunia kreatif atau dunia teknis. Pilih salah satu bidang yang ingin kamu kuasai.

Riset

Cari tahu informasi dan riset tentang industri yang akan kamu masuki. Apakah ada cukup banyak peluang job yang ada? Bagaimana dengan rate, apakah cukup bagus untuk pemula?

Sertifikasi

Ambil online course dan dapatkan sertifikasi atau sertifikat. Beberapa website yang menyediakan sertifikasi adalah Google Digital Garage dan Hubspot Academy.

Internship

Magang bisa menjadi salah satu opsi untuk menjajal kemampuan dan skills freelance sekaligus bermanfaat juga untuk growing portfolio.

Selain itu, kita bisa mendapatkan network dan siapa tahu bisa mendapatkan client dan project dari network tersebut.

Portfolio

Sangat penting membuat portfolio bagi seorang freelancer, apalagi freelancer pemula. Baca bagaimana cara membuat portfolio di artikel ini: LINK

Website

Website dan blog bisa menjadi media kita menawarkan skills serta memperlihatkan portfolio.

Sangat mudah membuat website dan blog berbasis WordPress hanya dalam hitungan jam. Konsisten update info dan artikel terbaru serta optimasi SEO akan membantu kita mendapatkan prospektif client.

Mau order website dan blog?

setup website

Optimasi sosial media

Saat ini sosial media tidak hanya di gunakan untuk kepentingan personal tapi lebih banyak yang menggunakan sosial media seperti Instagram untuk menarik client.

Menggunakan hashtag dan kata kunci yang tepat bisa membantu optimasi sosial media kita.

Cold email

Cold email adalah mengirimkan email ke prospect leads yang kita tuju yang pastinya sesuai dengan target yang kita inginkan.

Misal, seorang virtual assistant bisa mencari dan mengumpulkan leads berbagai digital agency dan juga companies yang sekiranya membutuhkan bantuan administratif.

Berapa jam pekerjaan seorang freelancer?

Banyaknya jam pekerjaan seorang freelancer sangat bervariasi tergantung job desc dan kesepakatan dengan client.

Ada client yang hanya membutuhkan bantuan 4 jam per minggu, tapi ada juga client yang membutuhkan bantuan 40 jam per minggu.

Berapa banyak penghasilan freelance pemula?

Tergantung spesialisasi skills.

Virtual assistant pemula bisa menghasilkan minimal $5 per jam. Niche web developer dan web desainer pastinya akan lebih tinggi rate per jam nya.

Apakah sulit bekerja freelance?

Apapun pekerjaannya minumnya tetep teh botol sosro ehh, maksudnya, apapun pekerjaannya jika kita ahli di bidang tersebut pasti tidak terasa sulit. Why mengapa? Karena kita sudah menguasai keahlian di bidang tersebut.

Buat sebagian orang yang lebih memilih kemapanan dan kepastian, bekerja freelance mungkin akan terasa berat. Tidak ada gaji yang pasti dan tidak ada waktu yang pasti untuk beristirahat. Juga harus selalu aktif mencari client dan project baru.

Kesimpulan

Oke, setelah membaca tentang freelance dan kerja freelance ini, apa pendapatmu?

Apakah kerja freelance adalah satu hal yang ingin kamu coba?

Similar Posts

19 Comments

  1. Freelance juga kalau tahu celahnya bisa jadi penghasilan yang menguntungkan ya Mba Indri. Mba Indri udah membuktikan sendiri soalnya ya. Yang pasti jadi freelance harus bisa bagi waktu dengan tepat biar kerjaannya selesai tepat waktu

  2. saya ingin coba kerja freelance ini mbak, saat ini baru belajar dikit, bertahap meningkatkan skill
    semua pekerjaan ada plus minusnya sih tergantung nyamannya kita dimananya aja kan

  3. Tertarik banget pengen nge freelance apalagi yang kerjanya remote gitu, jadi enggak usah ninggalin rumah. Harus dipelajari nih seluk beluknya. Terimakasih infonya izin saya ubek-ubek blognya ya mba

  4. Menarik sekali ya dunia freelance. Terima kasih sudah berbagi. Hal baru yang didengar ya virtual assistance itu. Perusahaan pakai VA untuk job apa saja ya? Jadi makin kepo

  5. Ada pepatah mengatakan, paling enak hobi yang dibayar, bisa dibayangkan kalau ada seseorang yang memiliki hobi menulis bisa menuai pendapatan lumayan dari hobinya tersebut. Tapi memang untuk menjadi seorang freelancer yang profesional, harus memiliki banyak keahlian terutama kemauan untuk terus belajar dan mengupgrade kemampuan diri. Tapi ini salah satu pekerjaan yang sangat direkomendasikan untuk banyak orang karena bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja sesuai kesepakatan dengan klien.

  6. Walaupun udah jamak freelancer, tapi masih banyak yang salah mengartikan profesi ini. Misalnya blogger, sering disalah artikan sebagai wartawan. Padahal kan beda. Blogger freelancer, sementara wartawan masih terikat perusahaan.

  7. Freelancer merapat… Jaman sekarang banyak yang jadi full time freelancer dan ada yang punya sampingan sebagai freelancer juga. Perlu banyak belajar dan update biar bisa sukses bertahan di dunia freelancer.

  8. Ada rasa ingin nyoba juga kerja freelance, Mbak Ind, dibayar pake dolar lagi. Siapa yang gak mupeng? Hahahah

    Etapi ada 1 hal yang ingin kufokuskan dulu. Cem kaya 1 hal ini belum mumpuni kok pengin nyebur kolam lainnya, huhuhu. Semoga suatu saat bisa belajar bareng sama Mbak Indri, masternya ni

  9. Aku udah nge freelance dari zaman kuliah, emang bagus ngebantu banget buat nambah pengalaman dan penghasilan. Sampe sekarang pun aku suka masih buka kesempatan untuk nge freelance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.