Kartu kredit dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti menunjang hobi dan membeli peralatan serta perlengkapan pendukung. Sejalan dengan hal tersebut, kini pengajuan kartu kredit termudah semakin dibutuhkan.

Salah satu manfaat kartu kredit yaitu memenuhi kebutuhan hobi, contohnya kamera. Berbicara tentang kamera, perkembangannya semakin canggih seiring kemajuan teknologi. Saat ini, jenis yang akrab di telinga kita tentu kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex) dan Mirrorless. Kedua kamera ini adalah andalan bagi fotografer baik pemula hingga profesional.

Dua jenis kamera di atas tentu memiliki perbedaan. Oleh karena itu, mari simak informasi selengkapnya pada tulisan kali ini!

Perbandingan Kamera DSLR dan Mirrorless 

Walaupun kita dapat mengambil gambar dengan mudah melalui ponsel, kamera digital selalu dibutuhkan. Hal ini karena keunggulan dan kecanggihan yang ada. Kamera DSLR dan mirrorless juga memiliki berbagai perbedaan yang perlu kamu ketahui.

Terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan dari kedua kamera ini. Bingung memilih antara DSLR dan mirrorless? Mari simak perbandingannya berikut ini!

Kualitas Gambar yang Disajikan

Kedua kamera ini tentu memiliki kualitas dengan gambar beresolusi tinggi. Namun, kamu harus mengetahui kebutuhan gambar untuk memilih kamera yang tepat. 

Kamera DSLR sangat cocok untuk mengabadikan gambar dalam beragam kondisi pencahayaan. Hal ini karena jendela bidik optik akan memastikan gambar terbingkai dengan benar.

Pada kamera DSLR, kamu juga akan melihat gambar secara real time persis seperti yang dilihat pada lensa. Selain itu, jendela bidik optik pada kamera juga membuat gambar terasa nyata dan responsif.

Namun jika kamu berfokus pada pengambilan gambar yang cepat, kamera mirrorless dapat menjadi jawaban. Pada kamera ini kamu akan mendapatkan gambar dari apa yang dilihat oleh sensor pencitraan. Selain itu, kamera ini cocok untuk pengambilan gambar skala kecil karena masa pakai baterai yang lebih pendek dari DSLR.

Masa Pakai Baterai

Dalam hal ini, kamera DSLR lebih unggul dari mirrorless. Masa pakai baterai kamera DSLR jauh lebih tinggi. Hal ini memungkinkan kamu mengambil ribuan gambar dalam sekali pengisian baterai. 

Kamera ini juga memungkinkan sensor cahaya beristirahat melalui jendela bidik. Selain itu, jenis ini memiliki sisi yang memudahkan pengguna. Salah satunya komponen dan variasi lensa yang lebih mudah dijumpai.

Berbeda dengan DSLR, kamera mirrorless selalu aktif sehingga kamu memerlukan baterai cadangan untuk memakainya dalam waktu lama. Kamera mirrorless memungkinkan kamu mengambil ratusan gambar saja. Namun, pemilihan kamera tentu tergantung pada lama pakai dan kebutuhan jumlah gambar yang kamu perlukan.

Berat dan Ukuran Kamera

Kamera mirrorless memiliki ukuran yang lebih ringan dan kecil dengan kualitas gambar yang bersaing. Kamera ini memang dibuat lebih kecil dengan mereduksi komponen yang ada. Hal tersebut karena komponen dapat menyumbang berat dan ukuran kamera. 

Dikutip dari canon.com, lensa dan sensor pencitraan adalah komponen yang memiliki efek paling besar terhadap ukuran. Oleh karena itu, sensor pencitraan pada kamera mirrorless lebih kecil. Hal tersebut memungkinkan kamera memiliki lensa, dudukan lensa, serta bodi yang ramping.

Disamping itu, kamera DSLR memiliki berat dan ukuran lebih besar karena fitur yang lebih lengkap. Beberapa fitur yang tidak dimiliki kamera mirrorless dan ada pada DSLR antara lain ukuran lensa yang bisa diatur sesuai keperluan, kontrol exposure secara manual serta sensor yang lebih baik.

Fitur manual yang ada pada DSLR membuat kamu lebih bebas dalam menangkap gambar. Namun, hal ini membuat ukurannya juga relatif lebih besar. 

Pengambilan Video

Kamera mirrorless memiliki kualitas video yang lebih baik dari kamera DSLR. Kamera ini juga memungkinkan output resolusi video 4K dengan sistem kamera yang lebih sederhana. Keunggulan kualitas video dan ukuran yang ramping membuat banyak orang memilihnya.

Selain itu, kamera mirrorless memungkinkan kamu menggunakan jendela bidik untuk merekam video. Hal ini lebih unggul dalam pencahayaan yang sulit.

Berbeda dengan mirrorless, kamu tidak dapat memakai jendela bidik kamera DSLR untuk merekam video. Pada keadaan ini, kamu perlu beralih pada mode live view untuk pengalaman yang mirip dengan kamera mirrorless. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan jenis sistem fokus otomatis yang digunakan.

Itulah beberapa hal yang menjadi perbandingan utama dari kamera DSLR dan mirrorless. Kedua kamera ini sangat cocok untuk kebutuhan profesional ataupun hobi. Tenang saja, kamera canggih ini dapat kamu miliki dengan pengajuan kartu kredit online.

Singkatnya, kedua kamera ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Kamera DSLR memiliki masa pakai yang lebih lama, dengan kemampuan pengambilan gambar yang tinggi. 

Selain itu, komponen dan jenis lensa dapat ditemukan dengan mudah. Kamera ini memiliki ukuran lebih besar dan cocok untuk mengambil gambar di tempat terbuka secara profesional.

Sementara itu, kamera mirrorless memiliki ukuran lebih kecil dengan kualitas gambar yang dapat bersaing. Kualitas video yang disajikan juga lebih baik dari kamera DSLR. Kamera ini cocok dibawa bepergian untuk mengabadikan momen. Agar bertahan lama, kamu perlu menyiapkan baterai cadangan untuk kamera ini. 

Setelah mengetahui perbandingannya, manakah kamera yang paling tepat untuk kamu? Memiliki kamera DSLR ataupun mirrorless yang canggih kini dapat dilakukan dengan kartu kredit. Sekarang ini, apply kartu kredit gampang dilakukan dengan berbagai keunggulan.

Berbicara credit card, Kartu Kredit Digital Digibank dapat kamu jadikan pilihan. Sebagai kartu kredit digital pertama di Indonesia, pengajuan kartu kredit termudah dapat kamu rasakan di sini. Kamu juga dapat atur dan monitor dengan mudah di Aplikasi digibank by DBS! Ayo apply sekarang!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *