Banyak orang ingin membangun ruko baik untuk dijadikan tempat bisnis sendiri maupun disewakan. Kedua tujuan tersebut sama-sama mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya.

Untuk membangun ruko, Anda perlu menyiapkan modal cukup banyak. Hal ini kerap kali menjadi kendala bagi orang yang ingin memiliki ruko. 

Apabila Anda ingin membangun ruko tapi masih kekurangan modal, mengajukan pinjaman KTA bisa jadi solusi. KTA adalah pinjaman tanpa jaminan yang disediakan oleh perbankan untuk membantu nasabahnya yang membutuhkan dana dalam jumlah besar. Jenis pinjaman ini banyak diminati karena Anda tidak perlu menyerahkan jaminan seperti layanan kredit biasanya. 

Dengan mengajukan KTA, Anda bisa mendapat pinjaman modal usaha tanpa jaminan untuk membangun ruko. Anda bisa mendapat pinjaman dana dalam jumlah besar mencapai ratusan juta rupiah. Namun sebelum merealisasikan keinginan memiliki ruko, Anda perlu tahu tips membangun ruko yang ideal.

Tips Membangun Ruko yang Ideal

Membangun sebuah ruko tidak hanya berfokus pada menyiapkan modal. Namun Anda juga harus mempertimbangkan prospek ruko Anda kedepannya untuk kepentingan bisnis. Ada sejumlah hal yang juga perlu Anda perhatikan saat ingin membangun ruko. 

Berikut ini beberapa tips membangun ruko yang ideal:

Lokasi ruko

Pilihan lokasi menjadi hal penting yang perlu Anda pertimbangkan saat berencana membangun ruko. Lokasi ruko akan menentukan peluang atau prospek ruko Anda bagi keperluan bisnis. Lokasi yang strategis akan membuat bisnis Anda lebih mudah berkembang dan maju. 

Saat memilih lokasi untuk membangun ruko, Anda perlu melakukan riset dan analisis terlebih dahulu. Anda perlu memperhitungkan apakah lokasi yang akan dipilih cocok untuk dijadikan tempat bisnis. Lokasi yang strategis atau ideal untuk ruko adalah berada di dekat tempat keramaian, seperti dekat pasar, kampus, dan perkantoran. 

Luas atau Ukuran Ruko

Setelah menentukan lokasi, Anda perlu menentukan luas atau ukuran ruko. Apabila ruko Anda akan digunakan untuk membuka bisnis sendiri, maka luas ruko harus disesuaikan dengan jenis usaha Anda. Anda harus memperhitungkan apakah luas ruko cukup untuk menampung produk-produk yang Anda jual.

Apabila Anda ingin menyewakan ruko, ukuran ruko juga mempengaruhi minat penyewa. Ruko yang terlalu sempit bisa mengurangi minat penyewa. Begitu pula jika harga sewa ruko Anda cukup mahal. Pada umumnya, minimal ukuran ruko adalah 3,5 meter. Sementara ukuran yang standar yakni 5 meter. Tapi kembali lagi, penyewa akan memilih ruko dengan luas yang sesuai kebutuhan bisnisnya. 

Bentuk Ruko

Bentuk ruko juga menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Bangunan ruko pada umumnya terdiri dari dua atau tiga lantai. Lantai bagian bawah biasanya digunakan sebagai toko untuk berjualan. Sementara lantai atas biasanya dipakai untuk kantor atau tempat tinggal. 

Meskipun bangunan ruko pada umumnya memiliki desain yang sama, Anda bisa menambah elemen sebagai penanda yang membeda ruko Anda dengan ruko lain. Misalnya dengan bentuk atap yang berbeda, warna catnya, atau bagian-bagian lainnya. Fasad ruko juga menjadi bagian yang sering diperhatikan orang. Anda bisa membuat fasad ruko dengan gaya menarik, seperti berdesain unik, klasik, atau minimalis. Bangunan ruko yang unik akan menarik minat para penyewa. 

Legalitas yang Jelas

Legalitas ruko juga wajib Anda perhatikan. Pastikan lahan yang akan Anda gunakan untuk membangun ruko memiliki legalitas yang jelas. Anda perlu melihat status tanahnya, apakah berstatus hak milik atau hak pakai. Selain itu, Anda juga harus mengurus izin mendirikan bangunan (IMB). Dengan adanya legalitas yang jelas, maka calon penyewa ruko Anda akan merasa percaya dan nyaman. 

Batas dengan Jalan

Anda juga perlu memperhatikan batas bangunan ruko dengan jalan. Halaman depan ruko menjadi faktor penting yang mempengaruhi kenyamanan pengunjung atau pelanggan. Batas ideal jarak bangunan ruko dengan jalan adalah 5 meter. 

Apabila batas bangunan dengan jalan cukup jauh atau panjang maka ruko Anda memiliki lahan parkir yang lumayan luas. Pengunjung pun bisa memarkirkan kendaraannya dengan mudah. Selain itu, adanya jarak yang cukup panjang juga berguna untuk mengantisipasi jika ada pelebaran jalan. 

Kebutuhan untuk Membangun Ruko

Pastinya Anda bertanya-tanya apa saja kebutuhan untuk membangun ruko dan berapa biayanya? Sebenarnya besaran biaya yang dikeluarkan untuk membangun ruko menyesuaikan dengan ukuran ruko, material, dan fasilitas yang disediakan. 

Misalnya Anda berencana membangun ruko satu lantai dengan panjang 10 meter dan lebar 6 meter. Berikut simulasi perhitungan biaya pembangunannya dan kebutuhan yang diperlukan.

Perhitungan biaya pembangunan:

Luas bangunan ruko satu lantai: 6×10 = 120m2

Biaya pembangunan ruko per meter persegi: Rp3.500.000

Total biaya pembangunan ruko satu lantai: 60m2 x Rp2 jt = Rp 120.000.000

Sementara biaya pembangunan ruko 2 lantai, bisa dihitung dengan mengalikan luas ritel dengan Rp3,5 juta.

Luas bangunan: 6m x 10m x 2 Lantai = 120m2

Total biaya pembangunan ruko dua lantai: 120m2 x Rp 3,5jt/m2 = Rp420 juta

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Beton: beton bertulang, kombinasi besi 13,10, 8, dan 6
  2. Pondasi: pondasi cakar ayam, batu kali
  3. Dinding:  bata ringan (diplaster, aci)
  4. Kusen, pintu, dan jendela: alumunium – pintu utama kamper – pintu kamar double triplex finish HPL
  5. Keramik putih: 60×60 cm (lantai umum), Kamar Mandi putih /abu: 20×20 cm
  6. Sanitair: Amstad–Toto Standard / Setara
  7. Plafon: rangka gipsum berongga
  8. Penutup atap: rangka baja ringan, Bondex
  9. Cat dinding dan plafon: vinilex/setara
  10. Cat dinding samping: aquaproof
  11. Cat kayu: melamin/duco biasa
  12. Listrik: kabel eterna, armature Broco

Perhitungan biaya di atas belum termasuk biaya jasa tukang bangunan dan pemasangan alat-alat lainnya. Selain itu, biaya juga belum meliputi fasilitas serta sarana dan prasarana lainnya. Jumlah biaya juga bisa berbeda tergantung masing-masing tempat atau daerah dan bisa berubah dari tahun ke tahun. 

Menggunakan Pinjaman KTA untuk Modal Membangun Ruko

Setelah memahami penjelasan di atas, pastinya Anda sudah terbayang dan makin yakin untuk segera membuat ruko. Membangun ruko memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun Anda tidak perlu bingung soal dana. Anda bisa memanfaatkan pinjaman KTA untuk mendapat tambahan modal membangun ruko. 

Salah satu pinjaman tanpa jaminan yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini memberikan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp300 juta sehingga sangat mendukung kebutuhan Anda untuk membangun kos-kosan. Pengajuan PermataKTA bisa Anda lakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan pinjaman tanpa jaminan PermataKTA. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *