Solitaire, Game Terbaik Buat Freelancer

Sebagai freelancer, penting bagi kita untuk bisa menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan personal. Apalagi jika sudah berumah tangga. Bukan hanya personal alias diri sendiri yang harus diperhatikan tapi juga keadaan anak dan keluarga.

Seringkali sebagai freelancer, kita (saya) terlalu nyaman bekerja hingga lupa waktu untuk sekedar mengistirahatkan otak dan tubuh agar seimbang. Gimana lagi, lebih pilih dapat 💰 daripada istirahat.

Ketidakseimbangan ini yang seringkali membuat para freelancer burnout pada akhirnya. Selain burnout, biasanya leher dan kepala tegang, rasa bosan, moody, dan merasa tidak bisa menghasilkan atau menciptakan apapun alias stuck. Pada akhirnya berimbas ke pekerjaan juga.

Sedangkan bagi seorang freelancer, kreativitas dan skills adalah koentjie agar kita bisa bertahan di dunia freelancing. Apalah seorang freelancer tanpa kreativitas?

Buat ibu rumah tangga sekaligus freelancer, me time alias waktu untuk diri sendiri sangat penting demi menjaga kita tetap waras.

Bekerja dari rumah tidak serta merta kita memiliki banyak waktu luang, sebaliknya, kita harus pandai mengatur waktu agar pekerjaan dan tugas rumah tangga bisa dikerjakan secara sinergi.

Salon, belanja, nonton, kuliner, perawatan skincare adalah beberapa hal yang jamak dilakukan sebagai self reward dan me time bagi ibu rumah tangga sekaligus freelancer.

Ada satu lagi nih kegiatan yang cenderung tidak membuang uang dan bisa dilakukan dari rumah sebagai me time buat freelancer, yaitu bermain game.

Game tidak hanya bisa dilakukan oleh anak-anak dan remaja, orang tua pun bisa bermain game jika mau. Terutama jika ingin mengistirahatkan dan membuat otak lebih rileks.

Buat freelancer generasi X yang seusia saya alias freelancer senior, ingat gak sih permainan kartu atau Solitaire yang default selalu ada di komputer Windows di tahun 1990-2000 an?

Versi digital Solitaire diluncurkan oleh Microsoft di tahun 1990 dan aplikasi Solitaire ini sudah default terinstall di perangkat Windows 3.0 OS.

Game Solitaire awalnya ditujukan untuk membuat user berkenalan dan terbiasa menggunakan mouse. Tapi ternyata, ada banyak manfaat dari game Solitaire dibanding tujuan awalnya.

Nah di artikel ini, saya mau berbagi tentang game Solitaire yang bisa dimainkan oleh freelancer dan ibu-ibu rumah tangga.

Selain bermanfaat untuk mengistirahatkan otak, bermain game penting bagi freelancer karena mempunyai banyak manfaat diantaranya.

Manfaat bermain game Solitaire buat freelancer

Permainan Solitaire tidaklah serumit game yang ada saat ini. Perlu untuk diingat, Solitaire mempunyai peraturan permainan yang harus dipahami oleh pemain agar bisa mencapai menang.

Meskipun hanya sekedar permainan, menjadi pemenang juga bisa menjadi mood booster banget loh….

Buat kita para freelancer, ini nih manfaat bermain game Solitaire yang perlu kamu ketahui.

Memperbaiki dan meningkatkan memori

Tidak seperti game yang lain, manfaat bermain Solitaire seringkali tidak disadari. Salah satu manfaat bermain game Solitaire adalah memperbaiki dan meningkatkan memori.

Peningkatan memori yang seringkali terjadi adalah mengingat warna, jenis, angka, serta urutan.

Lebih bahagia

Otak yang rileks, tidur malam yang cukup dan berkualitas, sudah pasti akan membuat kita lebih bahagia.

No bosan

Jika kuliner sudah biasa kita lakukan lalu tidak tahu mau ngapain lagi nih biar gak bosan, bermain game bisa menjadi salah satu pilihan.

Belajar sabar

Para pemain game Solitaire pemula biasanya bermain tanpa strategi. Mereka hanya memindahkan kartu dengan cepat ke tumpukan kartu lain supaya bisa cepat menang.

Bermain tanpa strategi bisa menyebabkan stuck dan kehabisan langkah.

Strategi terbaik adalah menunggu peluang terbaik sebelum memindahkan kartu. Peluang menang akan lebih tinggi jika kita bermain dengan sabar dan menghitung dengan cermat semua gerakan kita.

Mental health

Bermain Solitaire adalah aktivitas ringan tapi bermanfaat bagi kesehatan mental.

Saat bermain Solitaire, kita harus mempertimbangkan faktor jenis, nomor, dan tumpukan kartu serta kartu yang masih tersembunyi. Selain itu dibutuhkan juga strategi dan rencana supaya kita bisa menang.

Melakukan hal-hal sederhana seperti ini secara terus menerus dan berulang, bisa membuat pemain mendapatkan peningkatan dan keterampilan mental.

Tidak seperti game lain yang menuntut pemikiran logis yang tinggi, Solitaire memicu aktivitas mental yang bekerja untuk merilekskan otak dan menurunkan kadar stress.

Rileks

Bermain game seperti game Solitaire bisa menempatkan seseorang dalam keadaan meditative (meditasi). Dengan kata lain, bisa membantu menenangkan pikiran dan mengalihkan fokus.

Game Solitaier membantu mengurangi ketegangan pada tubuh dan pikiran sehingga tidur malam akan lebih berkualitas.

Tidur yang berkualitas bisa sangat memengaruhi mood freelancer terutama dalam hal pengambilan keputusan.

Skills dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bermain Solitaire

Guidelines dan rules

Solitaire terlihat seperti tidak terlalu menantang di awal.

Begitu memainkan game ini, kita baru tahu betapa menantang dan ada banyak sekali yang bisa kita dapatkan dari game Solitaire ini.

Tidak mengetahui aturan main hanya akan membuat kita kalah terus menerus memainkan game Solitaire ini. Ada baiknya, pelajari dulu aturan main supaya kita bisa menang.

Memori dan pengetahuan tentang kartu

Beberapa orang diberkati dengan ingatan yang sangat baik.

Meskipun kita tidak dilahirkan dengan memori yang oke, semua ini bisa dipelajari loh.

Kita perlu tahu pentingnya setiap kartu di permainan Solitaire dan juga nilainya. Lalu hapalkan semua kartu yang sudah keluar, dengan demikian kita bisa menghitung dan tahu apa saja jenis dan nilai kartu-kartu yang masih belum terbuka.

Keterampilan interaktif

Jika kita bermain Solitaire dengan orang lain, keterampilan interaktif akan sangat berguna. Mempelajari body language dari lawan main dan “menyesatkan” lawan adalah keahlian seorang profesional.

Pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mempelajari keterampilan interaktif ini.

Keahlian matematik dan logik

Mencari tahu bagaimana memprediksi kartu yang dimainkan bisa membuat kita mendominasi permainan. Kita bisa melatih keterampilan ini dengan mencoba membuat keputusan berdasarkan informasi yang kita kumpulkan saat bermain game.

Skill observasi

Keterampilan observasi adalah keterampilan sebenarnya yang tersembunyi diantara keterampilan sebenarnya. Kita bisa mempersiapkan diri untuk mengamati dan memahami data dan menggunakan data tersebut untuk keuntungan kita sendiri.

Bermain Solitaire

Di kesempatan ini saya mencoba bermain game Solitaire. Beberapa kesan saya setelah bermain langsung permainan ini adalah:

  1. Memang melatih kesabaran
  2. Lumayan menantang karena setiap match belum tentu saya menang
bermain Solitaire

Penutup

Me time asik ala freelancer saya temukan saat bermain game Solitaire.

Buat kamu yang ingin mencoba, silakan berkunjung ke website Solitaire, pilih game yang kamu suka dan yang ingin dimainkan.

Me time gak perlu mahal dan boros, manfaatkan saja wifi rumah dan komputer 😃

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *